Pemuda Muhammadiyah Lakukan Pendampingan Petani Kemiri di Jombang

0
67
Pelatihan
Pelatihan kelompok kerja petani kemiri di Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang (Septian/PIJARNews.ID).

JOMBANG, PIJARNews.ID – Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Jombang melakukan pendampingan kelompok kerja petani kemiri di Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang (24/12/2020).

Hal tersebut merupakan program Bidang Riset dan Manajemen Sumber Daya Manusia PDPM Jombang. “Kami bertujuan agar petani kemiri berperan aktif dalam mengatasi problem yang dihadapi, sehingga terwujud desa binaan yang mandiri, produktif, kreatif, kompetitif dan proaktif”, jelas Amir selaku Wakil Ketua Bidang Riset.

Selaanjutnya, Ivan Ketua PDPM Kabupaten Jombang mengatakan bahwa pelatihan ini diharapkan dapat dilaksanakan secara continue, untuk membekali petani kemiri dalam meningkatkan nilai jual yang tinggi.

“Pelatihan ini juga di dukung oleh pemerintah desa yang juga bekerjasama dengan ITS Surabaya, sebagai pemateri pelatihan pembuatan minyak kemiri”, ungkapnya.

Pelatihan
Praktik pembuatan mjnyak kemiri (Septian/PIJARNews.ID).

Materi dipaparkan langsung oleh Warlinda Eka Triastuti, S.Si, M.T., Dosen Teknik Kimia Industri FV-ITS Surabaya dengan mendemonstrasikan secara langsung cara pembuatan minyak kemiri sesuai standar kualitas produk yang layak untuk dipasarkan.

Menurut Amir, hasil pelatihan ini sangat memuaskan karena peserta pelatihan memahami dengan baik proses pembuatan minyak kemiri dengan hasil yang berwarna kuning jernih. “Pengetahuan dan keterampilan ini dapat menjadi modal awal dalam pengembangan usaha minyak kemiri oleh petani kemiri di Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang”, ucapnya. (sep/mad)

BACA JUGA :  Seorang Kakek Pelaku Kekerasan Seksual kepada Cucunya Dipulangkan Polisi