Kebakaran
Bagian gedung asrama putri usai terjadi kebakaran. (Wiwis/PIJARnews.ID)

LAMONGAN, PIJARNews.ID – Ma’had Al-Furqon milik Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Laren, Kecamatan Laren, Kabupaten Lamongan mengalami kebakaran kembali, Jum’at (8/1/2021). Menurut kesaksian salah satu pengasuh pondok yang tidak berkenan disebut namanya, kebakaran ini merupakan kejadian kedua.

“Sebelumnya juga terjadi pada hari Jum’at (1/1/2021) awal pembukaan tahun, kala itu kebakaran menimpa asrama putra dan sekarang giliran menimpa asrama putri, tepat seminggu setelahnya”, paparnya.

Hal ini memicu kecurigaan Kyai As’ad dan para pengurus pondok. Muncul dugaan bahwa 2 asrama itu memang sengaja dibakar oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

“Anehnya, kedua peristiwa ini memiliki kemiripan waktu dan kronologi, pada situasi lengang saat sholat Jum’at berlangsung dan masa liburan santri”, ungkap Kyai As’ad.

Kebakaran tersebut menghanguskan hampir 4 rak sepatu beserta seluruh isinya milik para santri, kusen kayu pada jendela kamar asrama putra, eksterior pada kamar pengurus pondok, serta tangga dan langit-langit. Api sempat membesar dan berkobar hingga ke tangga lantai dua bangunan asrama putri.

Kebakaran
Police line di asrama putra setelah terjadi kebakaran. (Wiwis/PIJARNews.ID)

Beruntung, warga sekitar pondok cepat tanggap dalam menanganinya, sehingga api dapat segera dipadamkan.

Atas kejadian ini, kerugian materiil ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Saat ini, kasus kebakaran tersebut masih berada dalam penanganan Polsek Laren, dan masih akan terus dikembangkan. (fws/mad)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here