Kokam
Apel kesiapsiagaan kebencanaan KOKAM Jatim di Perguruan Muhammadiyah kecamatan Benjeng, kabupaten Gresik. (Khoirul/PIJARNews.ID)

Kontributor: Khoirul I.R.

GRESIK, PIJARNews.ID – Apel bakti sosial tanggap bencana diselenggarakan oleh Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) se-Gerbangkertosusila (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo dan Lamongan). Acara berlangsung di halaman Perguruan Muhammadiyah kecamatan Benjeng, kabupaten Gresik, Senin (10/1/2021).

Aditama, Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Gresik selaku tuan rumah acara, dalam perwakilan sambutannya berharap KOKAM dan Pemuda Muhammadiyah selalu meningkatkan kepekaan sosial. “KOKAM Pemuda Muhammadiyah harus siap siaga, sigap dan tanggap kepada bencana, terutama kepada korban-korban bencana,“ serunya.

Selanjutnya, Komandan Wilayah (Danwil) Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) Jawa Timur Al Muslimun menyampaikan bahwa KOKAM Jawa Timur memiliki potensi dan kekuatan yang luar biasa. “KOKAM Jatim juga memiliki potensi pengembangan di bidang pengamanan. Karena banyaknya konflik baik antar agama, kekuatan politik, dan lain sebagainya,” ucapnya.

Potensi lainnya yang juga harus dikembangkan, kata Muslimun, yaitu di bidang kesiapsiagaan dan darurat bencana. Menurutnya, KOKAM Jatim belum memiliki relawan kesiapsiagaan dan darurat bencana.

Action plan kita bukan hanya sekedar baksos hari ini, bukan sekedar apel hari ini, tapi menjadi langkah awal untuk mengembangkan potensi yang dimiliki KOKAM Jawa Timur”, ujarnya.

Kokam Jatim
Pasukan KOKAM membersihkan sampah yang menumpuk di area pasar Benjeng kabupaten Gresik. (Khoirul/PIJARNews.ID)

Dalam menghadapi pandemi, KOKAM Jatim kali ini juga membagikan masker dan handsanitizer kepada masyarakat sekitar, dilanjutkan dengan membersihkan pasar Benjeng, membersihkan saluran air yang tidak bisa menglir dengan menyingkirkan benda-benda yang menghambat jalannya air.

BACA JUGA :  Dealer Mobil Gresik Diborong Warga Sumurgeneng Tuban

Apresiasi kepada mereka datang dari Kepala Desa Bulurejo, Kecamatan Benjeng Imam Sofyan, ia berharap kehadiran KOKAM ini juga sebagai pemantik selaku Kepala Desa untuk lebih sigap pada penanggulangan bencana banjir yang sudah menjadi ancaman tahunan, khususnya di desa Bulurejo, kecamatan Benjeng.

“Harapan kami tahun ini tidak terjadi lagi banjir di wilayah kecamatan Benjeng dan sekitarnya. Kami juga membutuhkan bantuan semua pihak dalam mengentaskan dari langganan bencana banjir,” pungkasnya. (rul/mad)