Longsor
Kondisi perumahan warga yang rata dengan tanah akibat longsor di Cimanggung, Sumedang. (Foto: Novrian Arbi/ANTARA Foto)

SUMEDANG, PIJARNews.ID – Hujan deras yang melanda Sumedang dan sekitarnya mengakibatkan bencana longsor yang menerjang perumahan warga di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Sabtu (9/1/2021).

Longsor tersebut diketahui terjadi dua kali. Pertama pada pukul 15.30 WIB dan longsoran kedua terjadi pada pukul 18.30 WIB. Akibatnya, 14 rumah warga tertimbun longsor.

Sementara itu, hingga Selasa (12/1/2021) pencarian korban jiwa masih dilakukan oleh tim SAR gabungan yang terdiri dari BPBD, TNI/Polri, Basarnas Bandung, PMI Sumedang, hingga Dinkes Sumedang.

“Total kekuatan personel unsur SAR yang terdaftar di posko sejumlah 1.108 orang,” ujar Deden Ridwansyah selaku Kepala Basarnas Bandung.

Dalam aksi pencariannya, tim SAR mengerahkan 2 unit alat berat, peralatan ekstrikasi, peralatan medis, dan APD Personal. Alhasil, korban yang ditemukan meninggal mencapai 16 orang, sementara 23 orang masih dalam pencarian.

Perihal perkembangan jumlah korban jiwa, Deden mengatakan data korban sewaktu-waktu bisa berubah dan berkembang dan berubah, tergantung laporan dari masyarakat atau keluarga korban. (fzi/mad)

BACA JUGA :  Polri Kirim Sejumlah Bantuan Tangani Gempa Sulbar