Vaksin
Vaksin Covid-19. (Foto: klikdokter.com)

PROBOLINGGO, PIJARNews.ID – Demi menghindari vaksinasi Covid-19, sejumlah warga di Probolinggo dikabarkan akan minggat dari daerahnya.

Untuk meredam keraguan masyarakat atas vaksin Sinovac, Ketua MUI Probolinggo KH. Nizar Irsyad meminta warganya agar tidak ragu dan khawatir dengan kehalalan dan keamanan vaksin. Sebab MUI pusat telah mengeluarkan Fatwa MUI No. 02/2021 tentang Produk Vaksin Covid-19 buatan Sinovac Life Sciences Co. LTD. China dan PT. Bio Farma.

“Bidang Fatwa MUI Pusat telah melakukan penelitian dan diskusi mendalam terkait aspek kehalalan vaksin. Dan hasilnya MUI menyepakati bahwa vaksin Covid-19 dinyatakan halal,” ujar Nizar, Selasa (12/1/2021).

Dia pun meminta agar masyarakat mendukung program vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintahdan juga pemerintah daerah.

“Saya atas nama MUI Kota Probolinggo meminta kepada semua masyarakat untuk mendukung program vaksinasi. Sebab sudah mendapatkan izin dari Badan POM dan MUI,” tegasya.

Kami, lanjutnya, mendengar bahwa ada sejumlah warga Probolinggo yang akan minggat saat vaksinasi dilakukan. Jadi, perlu kami pertegas bahwa vaksinasi ini tidak berbahaya dan sudah halal.

Setali tiga uang, Yasin selaku Sekretaris MUI Kabupaten Probolinggo menjelaskan bahwa program vaksinasi merupakan salah satu upaya untuk mencegah penularan Covid-19.

“Segala obat atau vaksin yang akan diproduksi wajib hukumnya diketahui dan diyakini kesucian dan kehalalannya. Sedangkan vaksin Sinovac ini tidak ada penggunaan bahan dari turunan babi atau bahan yang diharamkan dalam Islam,” ujarnya.

BACA JUGA :  Kapolda Jatim dan Pangkoarmada II Suntik Vaksin

Karenanya, lanjutnya, masyakarat tidak perlu ragu lagi karena kehalalan dan keamanannya sudah dijamin oleh MUI dan Badan POM. (fzi/mad)