Cuaca Tak Bersahabat, Jalur Pendakian Gunung Arjuno-Welirang Ditutup Sementara

0
55
Pendakian
Pon izin pendakian via Tretes yang kembali ditutup. (Foto: M. Zubaidillah)

PRIGEN, PIJARNews.ID – Hujan disertai badai yang terjadi hampir setiap hari dan terus berulang membikin jalur pendakian Gunung Arjuno-Welirang ditutup sementara, Jum’at (15/1/2021).

Hal ini sesuai dengan prakiraan cuaca BMKG Pusat yang menyatakan bahwa puncak musim hujan di Jawa akan berlangsung pada Februari mendatang.

Kepala UPT Tahura R. Soerdjo Ahmad Wahyudi menerangkan bahwa penutupan jalur pendakian ini karena faktor alam yang memang tidak memungkinkan untuk membuka seluruh jalur pendakian Gunung Arjuno-Welirang. Curah hujan dengan intensitas sangat lebat disertai badai sangat berisiko bagi pendaki.

“[Penitupan seluruh jalur pendakian] ini kami lakukan demi kebaikan bersama. Utamanya keselamatan para pengunjung atau pendaki yang melakukan perjalanan pendakian,” katanya.

Penutupan jalur pendakian ini, lanjutnya, juga berlaku di wilayah Kabupaten Malang dan Kota Batu. Tidak hanya di Kabupaten Pasuruan. Jika situasimu kembali normal dan dirasa aman, maka seluruh jalur akan kembali dibuka. (fzi/mad)

BACA JUGA :  Pawai Laut Persatuan Nelayan Masalembu Tolak Penggunaan Cantrang