BMKG
Informasi visual kebencanaan BMKG. (Foto/BMKG Pusat)

PANGANDARAN, PIJARNews.ID – Rentetan bencana silih berganti menimpa bumi pertiwi, kali ini gempa bermagnitudo 4,7 SR menguncang laut Pandaran tepat pukul 21.17 WIB, Jum’at (15/1/2021).

Berdasarkan data BMKG Pusat, lokasi gempa berada di 8.48 LS-108.66 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 88 km tenggara Pangandaran dengan kedalaman 57 km.

Gempa bumi dangkal akibat aktivitas zona subduksi Lempeng Indo-Australia yang menghujam ke bawah Lempeng Eurasia ini – seperti disebutkan BMKG – terasa dengan skala MMI III Pangandaran, III Tasikmalaya, III Cisompet, II Ciamis, II Banjar, II Garut.

Atau dengan kata lain, skala intensitas MMI II sama dengan getaran yang dapat dirasakan oleh beberapa orang hingga benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sedangkan Skala MMI III berarti getaran yang benar-benar dapat dirasakan sampai dalam rumah.

Hendro Nugroho selaku Kepala BMKG Wilayah II Tangerang mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tak terpengaruh informasi yang tidak bisa dipertanggung jawabkan.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” pesannya.

Namun hingga berita ini dirilis, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. BMKG pun belum menunjukkan informasi kedaruratan lanjutan tentang adanya aktivitas gempa bumi susulan. (fzi/mad)

BACA JUGA :  Kembangkan Produk Susu Sapi, KKN UMM Adakan Workshop Pembuatan Permen Susu dan Pasteurisasi