Kalsel
Sejumlah perumahan warga yang terendam banjir di Desa Sungai Raya, Kabupaten Banjar, Kalsel. (Foto/Bayu Pratama S.)

MARTAPURA, PIJARNews.ID – Kondisi banjir yang merendam hampir seluruh Provinsi Kalsel sejak Sabtu (9/1/2021) hingga Sabtu (16/1/2021) itu masih belum ada tanda-tanda penurunan debit air. Sebaliknya, banjir kian parah kendati intensitas hujan menurun.

Dari pantauan prakiraan cuaca BMKG, hujan masih akan mengguyur Provinsi Kalsel beberapa hari kedepan dengan intensitas ringan hingga lebat dengan rata-rata kelembaban mencapai 60-95%. Hal ini mengakibatkan debit air kian naik, ditambah lagi air laut yang pasang membikin banjir tak kunjung surut.

Dari data yang dirilis BPBD Kalsel, sebanyak 70.000 rumah warga terdampak banjir dengan ketinggian yang bervariasi. Saat ini ribuan warga telah dievakuasi ke posko-posko pengungsian yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota yang terdampak.

Plt Kepala BPBD Kalsel Mujiyat mengatakan pihaknya masih menyisir ke setiap daerah terdampak banjir untuk kemudian mengevakuasi warga yang masih bertahan di loteng rumah

Karenanya, pihaknya telah menginstruksikan ke setiap masing-masing kepala daerah di Kalsel untuk segera membantu warganya yang terjebak banjir untuk kemudian segera melakukan evakuasi.

“Termasuk pemerintah kabupaten dan kota yang terdampak, harus ikut bertanggung jawab. Jadi semua punya PR masing-masing, bagaimana proses membantu korban,” katanya.

Sementara itu Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meninjau langsung lokasi bencana banjir di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Sabtu (16/01/2021).

Di sana, pihaknya telah mengerahkan sebanyak 1.053 prajurit gabungan yang terdiri dari Prajurit Kodam VI/Mulawarman, Yon Ang Air TNI AD, Korps Marinir TNI AL, Kopaskhas TNI AU, dan Prajurit TNI AU.

BACA JUGA :  Gabungan Aktivis Lingkungan di Surabaya Adakan Nobar Film Jakarta Kota Air

Adapun bantuan yang diserahkan Hadi berupa 34 perahu karet disertai dengan motor tempel, selimut, serta 10 ribu paket sembako dari Presiden RI yang seluruhnya diangkut dengan menggunakan Pesawat Heculles A-1327. (fzi/mad)