Duka Banjir Besar di Kalsel, Persatuan Mahasiswa Kalimantan Selatan Galang Bantuan

0
85
Surabaya
Sejumlah relawan dari Persatuan Mahasiswa Kalimantan Selatan sedang mendistribusikan bantuan sembako kepada korban banjir di Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalimantan Selatan. (Foto: Dok. PMKS)

SURABAYA, PIJARNews.ID – Banjir besar yang melanda sejumlah wilayah di Provinsi Kalimantan Selatan masih merendam ribuan rumah. Guyuran hujan deras sejak Minggu 10 Januari lalu telah menimbulkan banyak kerugian secara materil dan korban jiwa.

Sebagai bentuk solidaritas dan kepedulian, para mahasiswa dari Persatuan Mahasiswa Kalimantan Selatan (PMKS) Surabaya, turun ke jalan melakukan aksi penggalangan dana untuk korban banjir, Minggu pagi (17/1/2021).

Angga Puspoadi Negoro (23), Relawan sekaligus Ketua PMKS, mengatakan, total donasi yang berhasil dikumpulkan sebanyak Rp 2 juta 400 ribu. Ini digunakan untuk membeli barang barang yang dibutuhkan oleh pengungsi.

“Seperti sembako, pakaian yang layak pakai, popok bayi. Jadi istilahnya uang yang dibarangkan,” ujarnya, ketika ditemui di Sekretariat PMKS, Jalan Karang Menjangan, Kota Surabaya.

PMKS juga menerima donasi melalui transfer bank rekening dan OVO. Donasi akan dibuka hingga 18 Januari. Para relawan sendiri merupakan mahasiswa asli yang sudah berada disana sejak kemunculan pandemi Covid 19.

“Kami tetap membuka donasi walaupun sudah melewati batas yang ditentukan. Selama masih terjadi banjir di Kalsel,” kata mahasiswa asal Fakultas Sains dan Teknologi tersebut.

“Bantuan bantuan tersebut kami distribusikan ke Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Disana paling parah terkena dampaknya karena ketinggian air mencapai pintu rumah,” sambungnya.

Angga berharap, kegiatan yang dilakukan secara serentak oleh PMKS di Jogja, Surabaya, dan Malang tersebut bisa meringankan beban masyarakat. Semoga bisa mencakup hingga pelosok Kalsel.

BACA JUGA :  Bersama Cak Thoriq, Aktivis Lingkungan di Lumajang Tanam Pohon di Pantai Watu Pecak

“Ada 6 orang yang turun di jalan.Meski terbatas karena pandemi. Berapapun bantuan yang kami dapat semoga bisa tersalurkan di semua wilayah,” pungkasnya. (ram/mad)