Pohon Beringin Tua di Lumajang Tumbang Setelah Hujan Lebat

0
46
Lumajang
Pohon beringin yang terletak di alun-alun Lumajang tumbang menyita perhatian orang. (Mizan/PIJARNews.ID)

LUMAJANG, PIJARNews.ID – Para petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satpol PP Kabupaten Lumajang saling bersinergi untuk membersihkan pohon beringin yang tumbang di tengah Alun-alun Lumajang, Minggu (17/01/2021) sore.

Petugas perlahan-lahan memotong bagian pohon beringin tersebut dengan gergaji mesin agar lebih mudah. Pohon yang sudah berumur ratusan tahun tersebut tumbang pada pukul 16.10 WIB.

Yuli Harismawati, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang mengatakan, pohon beringin yang ada di alun-alun Lumajang tersebut secara usia sudah cukup tua. Pohon itu roboh karena batang bawah sudah lapuk, sehingga tidak mampu lagi menopang dahan dan ranting yang terus tumbuh.

“Sebelumnya, kita sudah berupaya semaksimal mungkin untuk membongkar paving yang berada di sekitar area pohon, serta kita terapkan biopori untuk penyerapan air hujan, dan untuk saat ini yang kita lakukan adalah proses pembersihan bekas robohnya pohon tersebut,” ujar Yuli sapaan akrabnya.

Ia juga menambahkan, terkait apa yang dilakukan ke depan, ia masih akan koordinasi dengan bupati Lumajang tentang pohon apa yang nantinya ditanam untuk mengganti pohon beringin yang roboh itu.

Tak hanya itu, kejadian robohnya pohon beringin tersebut juga menyita perhatian bagi pengendara motor yang sedang lewat, sehingga banyak orang yang ingin menyaksikan dan mengabadikan dalam gadget sewaktu pohon tua yang menjadi ikonik alun-alun Lumajang itu dibersihkan. (zan/mad)

BACA JUGA :  Tegakkan Protokol Kesehatan Covid-19, Kodim 0802 Ponorogo Bersinergi dengan Unsur Terkait