Kota Batu
Proses pembersihan guguran tanah longsor. (Foto: Dok. BPBD Kota Batu)

KOTA BATU, PIJARNews.ID – Hujan yang mengguyur daerah Batu dan Malang mengakibatkan longsor yang menimbun akses jalan raya Kediri-Batu tepatnya di Jalan Raya Payung, Kota Batu, Senin (18/1/2021) dini hari.

Guguran tanah tersebut menyebabkan lalu lintas tersendat agak lama oleh karena alat berat yang membersihkan guguran tanah yang terjadi pukul 02.32 WIB itu.

Achmad Choirur Rochim selaku Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu menginformasikan penyebab longsor adalah karena hujan dengan intensitas sangat lebat yang mengguyur Kota Batu sejak Minggu (17/1/2021) sore kemarin.

“Material longsor berupa tanah bercampur batu menutup sebagian ruas jalan, disebabkan karena kadar air yang tidak lagi mampu dibendung akibatnya tebing jenuh dan terjadilah longsor,” ujarnya.

Namun dalam kejadian ini, pihaknya dapat memastikan bahwa tidak ada korban jiwa. Kendati demikian, akibat timbunan longsor, akses lalu lintas menuju Kota Batu dari Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang mengalami kemacetan yang cukup panjang.

“Kami memastikan tidak ada korban dalam kejadian ini, hanya saja akses jalan raya tertutup sebagian. Beberapa kali guguran material longsor masih terjadi, terutama jika ada kendaraan besar lewat. Sementara itu, kami melakukan pengaturan arus lalu lintas buka tutup secara bergantian,” imbuhnya.

Saat ini, lanjutnya, penanganan darurat oleh BPBD Kota Batu, Garda Relawan, dan
Agen Bencana Provinsi Jawa Timur masih melaksanakan evakuasi dengan membersihkan material longsor sembari menunggu dukungan alat berat yang juga dikerahkan untuk mempercepat proses evakuasi. (fzi/mad)

BACA JUGA :  Jalan Raya Penghubung Ponorogo Pacitan Ambles Sepanjang 12 Meter