PIJARNEWS – Setelah pergantian anggota di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang yang resmi dilakukan pelantikan oleh KPU RI pada 13 Juni 2019 yang lalu, harapan terkait pendidikan politik di Kota Malang sangat dinantikan. Apalagi, saat ini dunia politik juga telah memasuki era milenial yang serba digital.

Wali Kota Malang Drs Sutiaji, mengatakan prosesi pelaksanaan Pemilu 2019 yang lalu harus dijadikan koreksi, evaluasi bersama dan menjadi proses belajar dalam berbagai aspek. Terlebih situasi saat itu banyak dibarengi dengan kompleksitas isu yang beredar. Salah satunya isu mengenai ‘money politic’ yang terus menerus menjadi konsumsi publik.

“Saya menitipkan pendidikan politik kepada KPU Kota Malang. Kita semua harus belajar dan evaluasi dari pelaksanaan Pemilu 2019. Untuk mereduksi itu semua dan membangun demokrasi yang berkualitas, maka pendidikan politik sedini mungkin hendaknya dilakukan secara bersama,” ujarnya saat audiensi dengan Komisioner KPU Kota Malang di ruang rapat Wali Kota Malang, Rabu (26/6/2019).

Apalagi, Kota Malang baru saja mendapat apresiasi pengembangan Kota Kreatif terbaik nasional. Pria yang akrab disapa Aji ini menambahkan betapa pentingnya upaya meniadakan pemilihan kandidat yang bersifat transaksional.

“Ini sebagai salah satu upaya itu, karena itu menjadi salah satu sumber cost politik yang tinggi dan kadang tidak transaksional,” imbuh dia.

Dalam kesempatan kali ini, Komisioner KPU Kota Malang Aminah Asminingtiyas juga menyampaikan proses pelaksanaan Pemilu 2019 di Kota Malang berjalan dengan baik tanpa ada masalah gugatan di Majelis Konstitusi (MK). “Kota Malang clear dari gugatan. Sehingga kita dapat melanjutkan tahapan berikutnya untuk rapat pleno penetapan kursi anggota DPRD Kota Malang,” paparnya.

BACA JUGA :  Tes Seleksi Program Beasiswa Guru Madin di Bojonegoro

Periode 2019-2014 ini, 5 komisioner KPU Kota Malang yang menjabat saat ini ada dua yang wajah senior dan tiga wajah baru, diantaranya masih wajah senior, yakni Aminah Aminingtyas sebagai Ketua KPU Kota Malang dan Deny Rachmat Baktiar yang berada di divisi teknis.

“Untuk tiga wajah barunya di komisioner KPU Kota Malang adalah Izzudin Fuad Fathony, M. Thoyib dan Nur Zaini Wikan Utomo,” ungkap Ketua KPU Kota Malang, Aminah.

Terakhir, Sutiaji Walikota Malang mengatakan selamat dan sukses atas terpilihnya komisioner periode 2019-2024. “Semoga amanah, dimudahkan dan lancar dalam menjalankan tugas sebagai KPU Kota Malang,” pungkasnya sembari menatap wajah komisioner penuh harapan dan optimis. (Wok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here