Bogor
Ratusan warga mengungsi akibat banjir bandang di Bogor (Foto: M. Sholihin)

BOGOR, PIJARNews.ID – Meluapnya aliran sungai Ciliwung mengakibatkan banjir bandang di kawasan Tugu Mas, Kampung Dulang, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Selasa (19/1/2021) pagi.

Akibat sapuan banjir bandang tersebut Sekitar 134 kepala keluarga (KK) terdampak. Dari jumlah KK tersebut, setidaknya terdapat 474 jiwa harus mengungsi di masjid terdekat dan ke rumah kerabat untuk menghindari adanya banjir bandang susulan.

Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan, yang bermukim di Cisarua menerangkan bahwa banjir ini terjadi pada aliran anak Sungai Ciliwung yang melewati perkebunan teh PTPN VIII.

“Saya belum pastikan lagi. Tapi sepertinya itu Kali Cisampay anak Sungai Ciliwung yang melewati perkebunan teh dan lokasi pemukiman pegawai PTPN VIII,” katanya.

Menurutnya, tanah di perkebunan teh cenderung rapuh jika tergerus air terlebih di Cisarua, hujan berlangsung sejak Senin malam hingga Selasa pagi.

“Senin itu dari jam 8 malam sampai hari ini. Hampir 24 jam hujan dan tanah di perkebunan teh itu memang rapuh mungkin karena akar serabut. Ini saya mau ke sana,” pungkasnya. (fzi/mad)

BACA JUGA :  Banjir Bandang di Sekar, Hanyutkan 3 Rumah Warga