Surabaya
Petugas Tim Gabungan dari Gegana, Penjinak Bom, dan Polda saat mengamankan granat. (Udin/PIJARNews.id)

SURABAYA, PIJARNews.id – Temuan granat nanas yang berada di gorong-gorong, bawah jembatan Jalan Dukuh Pakis telah diamankan tim gabungan dari Gegana, Penjinak Bom, dan Polsek Sawahan ke Polda Jatim.

Seorang petugas PU Bina Marga, Syaiful (43) mengaku diringa lah yang menemukan granat nanas beserta tiga butir peluru itu pertama kali. Ia menegaskan, benda tersebut ia temukan ketika sedang membersihkan sungai, tepatnya dibawah Jembatan Jalan sekitar pukul 09.00 WIB.

Ia menjelaskan, saat itu ia tengah mencangkul kotoran yang menyumbat gorong-gorong sekitaran sungai. Lantas, ia menyentuh benda padat menyerupai granat itu. Mulanya, ia menganggap itu hanya mainan saja. Ketika dilihat lebih dekat, ia mendapati kebenaran dari kecurigaannya itu. Lalu, ia segera melaporkan kejadian itu kepada warga setempat dan rekan-rekannya.

“Awalnya saya kira mainan, karena bentuknya seperti mainan, terus saya ambil begitu saja, eh nggak tahunya granat. Ada peluru juga,” beber Syaiful kepada awak media, Rabu (20/1/2021).

Selanjutnya, ia membawa granat itu keatas jembatan. Lalu, Syaiful memberikannya kepada mandor Satgas PU Bina Marga. Warga yang mengetahui hal itu langsung melakukan laporan ke pihak kelurahan setempat. Laporan itu pun segera ditindaklanjuti oleh Polsek Sawahan dan tim gabungan. Setibanya di lokasi, lalu polisi memberikan garis polisi atau police line disekitar area temuan granat nanas. Saat ditinjau lebih lanjut, polisi memeriksa beberapa butir peluru yang ditutupi ember oleh Syaiful.

BACA JUGA :  Sasana Praja Sepi Resepsi, PAD Tak Terpenuhi

Sekitar pukul 11.50 WIB, tim gabungan mengevakuasi temuan tiga butir peluri dan granat nanas itu ke Polda Jatim. (din/mad)