Hadapi PJJ, SD Mubalics Balongbendo Adakan Pelatihan Pengembangan Kualitas Guru

0
96
Sidoarjo
Dokumentasi usai acara pelatihan pengembangan kualitas guru di SD Mubalics Balongbendo | PIJARNews.id

SIDOARJO, PIJARNews.id – SD Mubalics Balongbendo (sebutan akrab SD Muhammadiyah 10 Balongbendo), Kabupaten Sidoarjo, selama masa pandemi menerapkan blanded learning dengan mengkombinasikan pembelajaran daring maupun luring.

Namun dalam menghadirkan pembelajaran daring atau biasa disebut juga pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang lebih interaktif dan menyenangkan, sekolah berupaya meningkatkan kualitas sumber daya guru dengan kegiatan pelatihan dan pengembangan kualitas guru.

Kegiatan ini dilaksnakan selama 2 hari kemarin (18-19/01/2021), dengan menghadirkan Dr. Makmun Hidayat sebagai pemateri.

Muhammad Nasar Haqiqi, Kepala SD Mubalich menjelasakan kegiatan ini bukan sekedar seminar, tetapi beroientasi pada produk. “Kita langsung praktik dengan membuat modul materi pembelajaran, dengan berbagai macam aplikasi,” ucapnya.

Dijelaskan juga oleh Nasar, beberapa hal yang menjadi penekanan materi dalam pelatihan ini adalah pembelajaran yang tidak berfokus pada banyaknya materi, tetapi kedalaman materi.

“Jika meminjam istilah Dr. Makmun, bukan luasnya kolam tapi dalamnya sumur,” kutipnya.

Selanjutnya, kata Nasar yang menjelaskan materi Dr. Makmun, lembaga pendidikan agar memiliki learning management system (LMS), sebagai media eksplorasi guru dalam menyajikan materi.

“Maksud dari LMS ini adalah, sekolah bisa memiliki rekam jejak digital yang bisa diunggah setiap waktu. Sehingga semua materi dan bahan ajar guru tersimpan rapi di dalamnya,” terangnya.

Terahir, dalam kondisi plus minus PJJ ini, Muhammad Nasar Haqiqi berharap setiap guru tetap mampu menghadirkan ruhul mudarris (ruh pendidik) dalam setiap pembelajaran yang disampaikan. (tan/mad)

BACA JUGA :  Pemkot Probolinggo Siapkan Sanksi Bagi Warga yang Menolak untuk Divaksin