Breaking News: Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Kepulauan Talaud

0
34
Gempa
Gempa 7,1 SR guncang Kepulauan Talaud, namun tidak berpotensi merusak infrastruktur. (Foto: Tribunnews.com)

TERNATE, PIJARNews.id – Gempa bumi Magnitudo 7,1 SR terjadi di Melonguane, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pada Kamis (21/1/2021) pukul 19.23 WIB. Gempa ini juga dirasakan di hampir seluruh wilayah Maluku Utara hingga Filipina.

Petugas BMKG Ternate Hermizal menjelaskan, pusat gempa berada dekat dengan Kabupaten Pulau Muangu Sulu.

“Pusat gempanya berada di Pulau Melonguane atau sebelah selatan Filipina. Pusat gempa berada di kedalaman 154 km, dengan kedalam tersebut sehingga memiliki spektrum yang cukup luas yang dapat dirasakan hingga Filipina dan wilayah Maluku Utara,” ujarnya.

Guncangan cukup lama juga dapat dirasakan di beberapa daerah, terutama Kabupaten Pulau Morotai yang berhadapan lansung dengan titik gempa.

“Ada laporan yang merasakan cukup lama terutama di daerah Pulau Morotai, informasi dari lapangan itu dirasakan di wilayah tersebut dengan kisaran 2-3 skala MII. Tadi ada laporan juga dirasakan sampai satu menit,” imbuhnya.

Gempa 7,1 SR di Melenguane ini terjadi akibat subduksi pada lempeng sebelah timur Filipina yang menimbulkan deformasi batuan dasar pada kedalaman tersebut.

Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina memperingatkan akan adanya gempa susulan. Namun, gempa diperkirakan tidak merusak.

“Terasa sangat luas karena ini adalah gempa besar tetapi dalam sehingga tidak akan merusak infrastruktur karena jauh (dari pulau),” kata Direktur Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina, Renato Solidum.

Untuk diketahui, gempa tersebut dilaporkan terjadi pada pukul 19.23 WIB di wilayah Laut Filipina, atau tepatnya 134 km Timur Laut Melonguane, Sulut. Gempa berpusat di laut dengan kedalaman 154 km.

BACA JUGA :  Amien Rais Akan Deklarasikan Partai Ummat di Bulan Ramadhan

Gempa yang baru terjadi ini dirasakan dengan skala IV MMI di Melonguane, IV Tahuna, IV Ondong, III Manado, IV Bitung, II Bolaang Uki, II-III Gorontalo, II-III Halmahera Utara, dan II-III Galela. (fzi/mad)