Ponorogo
Bupati Ponorogo Terpilih Periode 2021-2024, Sugiri Sancoko-Lisdyarita. (Sony/PIJARNews.id)

PONOROGO, PIJARNews.id – Pasangan calon Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko dan Lisdyarita (RILIS ). Secara resmi ditetapkan sebagai pemenang Pilkada 2020 dalam rapat Pleno terbuka terbatas yang di gelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ponorogo, hari ini Jumat (21/1/2021) bertempatdi Hotel Maesa.

Dalam rapat pleno terbuka terbatas tersebut KPU Ponorogo hanya akan mengundang kedua kandidat Paslon, Bawaslu Ponorogo, Pimpinan DPRD Ponorogo, dan Parpol Pengusung.

Ketua KPU Ponorogo, Munajat mengatakan, penetapan ini berdasarkan Surat Dinas Nomor 60 Tahun 2021, pada tanggal 20 Januari 2021. Surat dinas tersebut menerangkan Surat Panitera Mahkamah Konstitusi Nomor 165/PAN.MK/01/2021 tanggal 20 Januari 2021 perihal Keterangan Perkara PHP-Gub/Kab/Kota tahun 2021 yang diregistrasi di Mahkamah Konstitusi.

“Dengan demikian tahapan Pilkada Ponorogo telah berakhir setelah penetapan pasangan terpilih dilakukan,” imbuhnya.

Dalam ketentuan, diberikan maksimal lima hari setelah menerima surat dinas nomor 60 tahun 2021 KPU Ponorogo harus melakukan rapat pleno penetapan paslon bupati dan wakil bupati Ponorogo terpilih.

“Tidak ada gugatan untuk hasil rekapitulasi suara Pilkada Ponorogo 2020 dan semua pihak telah menerima hasilnya,” terang Munajat.

Setelah dilakukannya rapat pleno tersebut pihaknya mempunyai waktu sehari untuk mengajukan usulan pelantikan ke Pimpinan DPRD Ponorogo. Setelah itu DPRD Ponorogo akan mengajukan pelantikan pasangan terpilih ke Gubernur Jawa Timur.

“Nanti Gubernur yang akan mengusulkan ke Kemendagri untuk dilakukan pelantikan,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Cetak Kader Muda Muhammadiyah, PDPM Surabaya Gelar Pelatihan Imam Muda

Seperti yang diketahui, dari hasil rekapitulasi KPU Ponorogo menyatakan bahwa pasangan calon, Sugiri Sancoko-Lisdyarita memperoleh 61,7 persen, sedangkan pasangan calon Ipong Muchlissoni-Bambang Tri Wahono memperoleh suara 38,3 persen. Dengan hasil perolehan suara tersebut Sugiri Sancoko-Lisdyarita berhak memimpin pemerintahan di Ponorogo periode 2021-2024. (son/mad)