Surabaya
TB Mitra Jaya XIX yang terbalik di perairan Karang Jamuang. (Udin/PIJARNews.id)

SURABAYA, PIJARNews.id – Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya memberangkatkan KN SAR Antasena menuju perairan Karang Jamuang hari Sabtu (23/01) siang untuk melakukan pencarian ABK Tug Boat (TB) Mitra Jaya XIX. TB Mitra Jaya XIX yang sedang tunda TK Makmur Abadi V diduga terbalik karena tertabrak oleh KM Tanto Bersinar di area pengeboran buoy 03 Karang Jamuang.

Dengan berkoordinasi dengan agen kapal, VTS dan SROP Surabaya, tim siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya memastikan jumlah POB (Person on Board) dalam TB Mitra Jaya XIX dan TK Makmur Abadi V. “Kami mendapatkan informasi POB pada TB Mitra Jaya XIX adalah 8 orang sedangkan TK Makmur Abadi V orang,” jelas I Wayan Suyatna selaku Kepala Seksi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya.

Setelah KN SAR Antasena sampai di lokasi kejadian dengan titik koordinat 06°49’59.9”S 112°48’13.2”E, Yudhi Setiawan selaku nahkoda KN SAR Antasena mengkonfirmasi bahwa TK Makmur Abadi telah di Tarik oleh TB Mitra JAYA XVII dengan 2 orang POB dalam keadaan selamat. Sedangkan 2 POB TB Mitra Jaya XIX dalam keadaan selamat telah dievakuasi oleh MV Srikandi dan 1 POB dievakuasi oleh kapal nelayan yang melintas dalam keadaan selamat.

“3 korban selamat telah dibawa ke Kantor Syahbandar Gresik oleh KN 365 milik KPLP Gresik dan hingga saat ini kami masih melakukan pencarian atas 5 POB TB Mitra Jaya XIX yang lain,” tutur Yudhi. (din/mad)

BACA JUGA :  Komandan Kodim Pamekasan Resmikan Pra TMMD ke 107