Mahasiswa UMM melakukan penyuluhan akan bahaya penyakit deabetes miletus di desa Menturus , Kabupaten Jombang

Jombang – Penyakit Diabetes Miletus atau dikenal kencing manis menjadi ancaman serius kesehatan global maupun nasional. Diabetes menjadi diantara dari empat penyakit yang tidak menular prioritas utama para pemimpin dunia. Dilansir dari WHO Global Report 2016, jumlah kasus preverensi diabetes terus meroket di setiap tahunnya dan di perkirakan akan meningkat dua kali lipat di seluruh dunia ditahun 2025.

Ancaman diabetes Indonesia bisa terbilang serius. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, penderita penyakit diabetes sejumlah 12 juta jiwa. Dalam rilisnya Internasional Diabetes Federal (IDF) Atlas 2017, mengatakan, Indonesia menepati urutan ke enam di dunia pengidap diabetes setelah India, Cina dan Amerika Serikat.

“Oleh karenanya, dibawah Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) oleh bapak Wahyudi Kurniawan S.H, M.H.Li membuat program berdasarkan hasil observasi kelompok, melihat hal ini pun terdapat di Desa Menturus. Program yang di rancang ialah Penyuluhan Diabetes Miletus dilanjutkan dengan senam sehat bersasama,” Lingga Caraka Putri Devisi Kesehatan Kelompok 65 KKN Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Menturus, Rabu (24/7/2019).

Lingga mengatakan, bahwa tema yang diangkat yakni ‘Pemberdayaan Masyarakat Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Di Desa Menturus’ dimaksudkan sebagai tindak preventif terhadap penyakit berbahaya ini.

“Dengan demikian, kami berupaya mengadakan penyuluhan kepada masyarakat tentang bahaya dan pencegahan atas penyakit diabetes miletus sejak dini,” pungkas mahasiswi manis itu. (Lin)

BACA JUGA :  IMM Tabur Bunga Kenanga di Depan Pemkab Bojonegoro

1 KOMENTAR

  1. Mungkin diperlukan juga sosialisasi mengenai HIV dan AIDS,karena banyak pemuda pemudi saat ini yang banyak terjerumus ke pergaulan bebas yang dapat menyebabkan HIV dan AIDS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here