Ponorogo
Penangkapan para pelaku oleh Tim Resmob Polres Ponorogo di Jombang. (Sony/PIJARNEWS.ID)

PONOROGO, PIJARNEWS.ID – Komplotan pelaku pembobolan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) berhasil diringkus Satreskrim Polres Ponorogo ketika akan melancarkan aksinya di daerah Jombang. Para pelaku ini dikenal dengan “Kelompok Lampung” yang kerap beraksi di sejumlah daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

KBO Reskrim Polres Ponorogo Iptu Rosyid Effendi, mengatakan bahwa komplotan tersebut berjumlah 4 orang, masing-masing berinisial N, AS, G, dan A. Kawanan pelaku tersebut berasal dari Lampung dan Brebes.

“Para pelaku pernah beroperasi di Ponorogo pada tanggal 26 Desember 2020, di salah satu ATM di depan SPBU Jetis,” jelas Rosyid, Senin (25/01/2020).

Rosyid menjelaskan, modus yang digunakan pelaku yakni dengan mengganjal tempat masuk kartu ATM tersebut. Selain itu para pelaku juga memasang stiker yang berisi nomor call center palsu yang dihubungi jika terjadi gangguan.

“Ketika kartu ATM korban tertelan para pelaku seolah olah datang membantu dan menyarankan untuk menelfon nomer call center palsu yang sebelumnya ditempel para pelaku,” imbuhnya.

Setelah korban menelfon nomer call center palsu dan meninggalkan mesin ATM, para pelaku langsung bertindak dengan mengabil ATM korban, berbekal nomor pin korban para pelaku menguras uang tabungan milik korban.

“Total ada Rp 25 juta yang dikuras pelaku. Sebanyak Rp 10 juta ditarik secara tunai dan sisanya ditransfer ke rekening salah satu pelaku,” tutup Rosyid. (son/mad)

BACA JUGA :  Tanggap Darurat, RSU UMM Sediakan Call Center untuk Informasi COVID-19