Surabaya
Ditalantas Polda Jatim saat menunjukkan Aplikasi Mentalku. (Udin/PIJARNEWS.ID)

SURABAYA, PIJARNEWS.ID – Bagi warga Jawa Timur yang ingin membuat SIM atau memperpanjang SIM kini tak perlu repot. Ditlantas Polda Jatim bekerjasama dengan sebuah aplikasi bernama Mentalku. Yang berisikan pelayanan untuk mengikuti psikotes bagi pemohon SIM.

Jadi, masyarakat cukup mendownload aplikasi Mentalku dan mengisi data diri serta mengikuti ujian tes.

Direktur Mentalku Nugroho Tirto Sampurno menyebutkan aplikasi ini memudahkan masyarakat untuk pengurusan SIM khususnya untuk ujian psikotes.

“Walaupun online, kita upayakan tetap teridentifikasi, semua tes akan dikirimkan ke Polda dan data itu menjadi database di Polda,” terangnya.

Jadi, semua data disimpan di Polda Jatim. Dari data tersebut Polda dapat melihat bila ada kecelakaan. Bisa dilihat bagaimana kondisi psikologis pemilik SIM.

Ini merupakan persyaratan untuk pemohon SIM. Tes ini diperlukan untuk seseorang yang akan mengikuti ujian SIM. Sudah ada di Pasal 36 dan 37 tahun 2012.

“Ini sangat membantu pelayanan terhadap masyarakat,” kata Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Latif Usman, Selasa (26/1/2021).

Guna mencegah penyalahgunaan, maka dalam aplikasi Mentalku bisa memasukkan foto dan identitas diri.

Dari hasil psikologis nantinya akan memberi informasi kepada psikolog akan memanggil melalui video call betul atau tidak dikerjakan oleh pemohon sendiri.

Aplikasi ini baru akan dilaunching pada Rabu, (27/1/2021) esok. Dan Polda Jatim menjadi role model dalam pelayanan digital tersebut. (din/mad)

BACA JUGA :  Badan POM Terbitkan Izin Penggunaan Darurat Vaksin Covid-19 Sinovac