Jember
Abdil Furqan tengah menjelaskan pendirian LKBH Batara. (AS/PIJARNEWS.ID)

JEMBER, PIJARNEWS.ID – Lembaga konsultasi dan bantuan hukum (LKBH) dan komunitas media resmi dilaunching oleh kelompok pemuda peduli Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember di pendapa homestay desa setempat pada Rabu (27/1/2021).

Kamiludin salah satu inisiator acara mengatakan, ide mendirikan LKBH Desa bermula banyaknya permasalahan hukum yang biasa terjadi di pedesaan.

Kamil sapaan akrabnya menyebut, permasalahan hukum yang sering terjadi itu beragam, mulai dari masalah sengketa tanah, perceraian, kriminal, hingga pencemaran nama baik.

Banyaknya permasalahan itu, belum dibarengi dengan kesadaran hukum masyarakat itu sendiri. Oleh karena itu, hal tersebut memerlukan sentuhan khsusus berupa pendampingan dan sosialisasi pemahaman hukum kepada masyarakat. Sehingga masyarakat desa bisa lebih memahani permasalahan hukum yang tengah berjalan dihadapi.

Lebih lanjut, terkait launching komunitas media desa adalah langkah awal untuk mengenalkan potensi Desa, terutama Desa Sidomulyo yang saat ini sedang gencar membangun wisata Desa.

Dengan adanya komunitas media diharapkan masyarakat di luar Desa Sidomulyo akan lebih mengenal potensi serta wisata yang ada di Desa Sidomulyo.

Kamil menyebut, pembangunan infrastruktur lebih mudah dibandingkan membangun sumber daya manusia (SDM). Menurutnya, sebelum membangun infrastruktur atau sarana prasarana lebih baik membangun SDM terlebih dahulu. Salah satunya memberikan edukasi, pemahaman hukum, dan skil media.

“Membangun SDM itu, lebih sulit dibandingkan membangun infrastruktur. Oleh karena itu, kami mendirikan ini (LKBH dan komunitas media desa, Red.), diharapkan dapat memberikan edukasi membangun SDM Desa,” tuturnya.

BACA JUGA :  Pelantikan Virtual PCPM Sukosewu, Ali Zulkarnain: Program Harus Dilaksanakan

Kamil sapaan akrabnya, bercita-cita muwujudkan Desa Sidomulyo dengan tagline “Maju Desanya, Bahagia Masyarakatnya,”.

Dikonfirmasi di lokasi yang sama, Abdil Furqan selaku Dewan Pembina Lembaga Bantuan Hukum yang diberi nama LKBH Batara ini menyampaikan, pihaknya telah mempersiapkan berbagai macam program konsultasi dan bantuan hukum.

Diantaranya, pendampingan hukum (baik litigasi maupun non litigasi, Red.), kemudian konsultasi permasalahan hukum, dan sosialisasi hukum.

Semua pelayanan yang telah disiapkan tersebut, akan diberikan secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun.

“Kepada masyarakat yang mengalami permasalahan hukum. Jika memenuhi syarat. Misal, rentan secara ekonomi akan kami berikan bantuan hukum secara gratis,” ungkapnya.

Abdil berharap, dengan adanya lembaga yang dibina ini, dapat memberi angin segar bagi masyarakat Desa Sidomulyo terkait permasalahan hukum yang sewaktu-waktu bisa terjadi. (as/mad)