Sasana Praja Sepi Resepsi, PAD Tak Terpenuhi

0
88
Ponorogo
Gedung Sasana Praja Kabupaten Ponorogo. (Sony/PIJARNEWS.ID)

PONOROGO, PIJARNEWS.ID – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang mulai dilaksanakan pada Kamis (21/01/2021), berdampak pada pembatalan resepsi pernikahan di gedung Sasana Praja Kabupaten Ponorogo.

“Dari awal pemohon sudah kami informasikan bahwa situasi bisa berubah sewaktu-waktu, sesuai perkembangan Covid-19,” Kata Edy Sucipto, Kepala Bagian Umum Kabupaten Ponorogo, Kamis (28/01/2021).

Edy sapaan akrabnya, merinci pada bulan Januari ada 4 yang dibatalkan, Februari ada 5 penyewa namun baru 4 yang dibatalkan, sedangkan bulan Maret baru 2 yang dibatalkan dari 10 penyewa.

“Tidak ada masalah, para penyewa tersebut juga memaklumi kondisi seperti sekarang ini,” imbuh Edy.

Edy menyebut rata-rata dari penyewa tersebut sudah memberikan DP (Down Payment), namun sesuai prosedur DP atau uang muka tersebut sudah dikembalikan sesuai dengan prosedur.

“Kami kembalikan sesuai prosedur dan sesuai mekanisme di keuangan,” jelas Edy.

Hal tersebut tentu membuat pendapatan asli daerah (PAD) dari sewa gedung sasana praja berkurang. Jika normalnya target PAD dari gedung sasana praja di angka 700-800 juta, setalah terjadi pandemi Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) direvisi menjadi 360 Juta.

“Tahun 2020 tidak mencapai target, hanya memperoleh Rp. 335.7825.009. Sedangkan target 2021 masih tetap 360 juta,” tutup Edy. (son/mad)

BACA JUGA :  Diguyur Hujan Deras, Tebing Jalan Raya Kediri-Batu Longsor