Surabaya
Ketua Bidang Pembinaan dan Pengasuhan Agung Wahyu (kiri) dan Wakilnya Ayu Dwi ketika membagikan snack kepada anak di seputaran jalan Sasak, karena pandemi yang berkepanjangan pihak RPM juga berharap para donatur berkenan membantu program sedekah pulsa kepada anak jalanan binaannya. (Yuda/PIJARNEWS.ID)

SURABAYA, PIJARNEWS.ID – Wabah pandemi Covid-19 yang berkepanjangan berdampak kepada banyak sektor, termasuk pendidikan. Aktivitas dunia pendidikan berpindah ke rumah masing-masing.

Oleh karena itulah salah satu Panti Asuhan Muhammadiyah (PAM) yang menangani anak jalanan dan terlantar yaitu Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Rumah Pintar Matahari (RPM) berinisiatif menggalang sedekah pulsa untuk anak-anak jalanan dan terlantar binaannya.

Ketika dikonfirmasi Jum’at (29/01/2021), Ayu Dwi selaku Wakil Bidang Pembinaan dan Pengasuhan RPM menyatakan tujuan program sedekah kuota dengan membelikan pulsa internet yang diharapkan akan dapat meringankan beban keluarga yang kurang mampu, terutama anak-anak jalanan dan terlantar binaan RPM dalam penyediaan kuota paket internet.

“Bagi keluarga yang kurang mampu, dengan dibebankan pembelian kuota internet tentu akan menjadi berat. Jangankan memikirkan HP dan kuota internetnya, untuk makan dan biaya sekolah saja sudah cukup kesulitan”, ungkap Ayu.

Sementara itu, Kepala RPM Luki Darmawan mengungkapkan rencananya bahwa pihak RPM akan berikan voucher pulsa internet sebulan sekali senilai Rp 50.000 agar bisa sedikit mengurangi beban anak-anak jalanan (anjal) binaannya yang mayoritas berada di Seputaran Jalan Sasak, Kampung Seng dan Makam Karang Tembok Surabaya.

“Anak-anak jalanan kami di seputaran jalan Sasak sebanyak 25 anak, Kampung Seng 20 anak, Kemayoran 9 anak, Genting 3 anak dan yang berada di Makam Karang Tembok Surabaya ada sekitar 35 anak yang masih bersekolah di jenjang SD, SMP, SMA, MI, MTs maupun MA,” terangnya.

BACA JUGA :  PDPM Kabupaten Malang Tetap Gelar Raker Ditengah Pandemi

“Karena pandemi yang berkepanjangan ini kami berharap kepada para donatur untuk berkenan menyisihkan sebagian rejekinya buat sedekah pulsa anak-anak binaan kami,” harap Luki Darmawan.

Info seputar Rumah Pintar Matahari bisa hubungi: Kepala RPM Luki Darmawan di 082141110306, Bendahara RPM Endarwati Choiriah di 081931019709. Untuk donasi bisa transfer ke Bank Jatim: Nomer Rekening 03721-58557 an. Rumah Pintar Matahari. (yud/mad)