17 Orang di Natuna pada Tahap Pertama Mendapatkan Vaksin

0
39
Natuna
Vaksinasi di Natuna. (jk-btm/PIJARNEWS.ID)

NATUNA, PIJARNEWS.ID – Pencanangan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Natuna sudah dilakukan pada Kamis (28/1) di RSUD Natuna, pukul 08.30 WIB di Jalan Ali Murtopo, Ranai. Dengan motto kesehatan pulih, ekonomi bangkit, vaksinasi berlangsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak, mencuci tangan, dan tidak berkerumun.

Daftar vaksinasi tahap pertama ini diantaranya Bupati Natuna yang diwakili Sekda, Ketua DPRD Natuna, Kajari, Kapolres, Danlanal Ranai, Danlanud Raden Sadjad, Dandim 0318 Natuna.
Kemudian, Kadis Kominfo, Kepala Kemenag, Direktur RSUD Natuna, Kepada BPJS, tokoh agama, tokoh pemuda dan perwakilan masyarakat akan di suntik vaksin supaya jangan kena virus corona

Sebagai Sekda Natuna, Hendra Kusuma dalam mewakili Bupati Natuna memberi pendapat bahwa vaksinasi tahap pertama ini terdiri dari unsur OPD, DPRD, Forkompinda, para tokoh, dan sejumlah pimpinan organisasi se-Natuna. “Pencanangan vaksin Covid-19 tahap awal di Kabupaten Natuna terdiri dari unsur OPD, DPRD, Forkompinda, para tokoh, dan sejumlah pimpinan organisasi,” ungkap Hendra Kusuma.

Proses vaksinasi diawali dengan pendaftaran, pengecekan suhu tubuh. Kemudian mengukur tensi tubuh dan selanjutnya penyuntikan vaksin oleh tenaga  kesehatan yang susah ditunjuk. “Pada saat ini ada 17 orang yang dilakukan vaksinasi, namun mereka harus menjalani pemeriksaan terlebih dahulu sebelum dilakukan vaksinasi,” katanya.

Pemberian vaksin merupakan salah satu upaya yang dinilai paling efektif, untuk mengatasi pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung.

BACA JUGA :  Jelang Bulan Ramadhan, Rumah Zakat Luncurkan Berbagai Program

Manfaat dari vaksinasi Covid-19 adalah untuk membuat sistem kekebalan tubuh, serta menurunkan angka kematian. “Seseorang yang mendapatkan vaksin Covid-19 juga dapat melindungi orang-orang di sekitarnya, terutama kelompok yang sangat berisiko, seperti lansia,” jelasnya.

Manfaat vaksin Covid-19, tambah Hendra, tidak hanya untuk sektor kesehatan, tetapi juga sektor ekonomi dan sosial. “Kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat juga agar bisa kembali seperti sediakala,” tambah Hendra Kusuma.

Meskipun banyak beredar isu-isu seputar vaksin yang belum jelas kebenarannya, tidak perlu ragu atau takut untuk menjalani vaksinasi Covid-19.

“Mari kita sukseskan vaksinasi ini. Vaksin ini juga halal. Kepada masyarakat supaya tak khawatir dan takut untuk divaksin. Sebagaimana yang telah diatur dalam undang-undang, negara mempunyai hak dan kewajiban melindungi rakyatnya dari wabah Covid-19,” pungkas Hendra Kusuma. (ef/mad)