Ponorogo
Tugu Perempatan Pasar Pon yang akan masuk Kecamatan Kota Lama. (Sony/PIJARNEWS.ID)

PONOROGO, PIJAREWS.ID – Pemekaran dua kecamatan baru di Kabupaten Ponorogo, yakni Kecamatan Kota Lama dan Kecamatan Sumberejo akan segera terealisasi

Sekertaris Daerah Kabupaten Ponorogo, Agus Pramono mengatakan bahwa sudah ada persetujuan tertulis dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bahwa syarat administratif sudah terpenuhi.

“Untuk syarat administratifnya seperti jumlah warga di kecamatan baru, dan penentuan batas wilayah antar kecamatan,” kata Agus Pramono, Jum’at (29/01/2021).

Agus menyampaikan setelah mendapat persetujuan tertulis tersebut, pihaknya akan kembali menyampaikan rencana pemekaran tersebut ke DPRD. Selain itu berkas-berkas yang dikirim Pemkab ke Kemendagri juga telah klir.

“Untuk tahapan tinggal satu lagi yakni di DPRD, untuk menyetujui Raperda pemekaran kecamatan baru,” imbuh Agus Pram.

Jika tidak ada perubahan rencananya anggaran pembangunan fisik di kedua kecamatan baru tersebut sudah dialokasikan ke APBD 2021.

“Semoga anggaran tersebut kelak tidak direalokasi untuk menangani pandemi Covid-19,” tutup Agus.

Seperti yang diketahui,untuk Kecamatan Sumberejo bakal mencakup sejumlah desa di Kecamatan Jambon, Balong, dan Slahung. Sedangkan untuk Kecamatan Kota Lama meliputi beberapa Kelurahan dan Desa di Kecamatan Ponorogo, Babadan, Kecamatan Siman, dan Kecamatan Jenangan. (ram/mad)

BACA JUGA :  Relawan Bencana di Pamekasan Semprot Cairan Disinfektan Setiap Mobil Datang