Cuaca Buruk, TB Mitra Jaya XIX Belum Bisa Dibalik

0
27
Kapal
Tim basarnas yang terus melakukan pencarian. (Udin/PIJARNEWS.ID)

GRESIK, PIJARNEWS.ID – Sepanjang 3 hari terakhir, cuaca buruk tidak memungkinkan bangkai kapal TB Mitra Jaya XIX untuk dibalik dan ditarik sesuai rencana awal tim SAR Gabungan. Kapal TB Mitra Jaya VII yang digunakan untuk menarik bangkai kapal sebelumnya pun juga turut kandas akibat angin kencang dan gelombang tinggi.

“Kami belum bisa melakukan pencarian ditempat yg dicurigai terdapat korban karena kapal belum berhasil ditarik dan dibalikkan kembali karena Tug boat yang rencananya akan dikirim dari Pelabuhan Gresik untuk menarik bangkai kapal belum kunjung tiba di lokasi,” jelas I Wayan Suyatna selaku Kepala Seksi Operasi Pencarian dan Pertolongan Surabaya.

Awalnya rencana pencarian atas 5 korban akan dilakukan ketika kapal TB Mitra Jaya XIX dapat dibalik sehingga tim rescuer bisa melakukan pencarian hingga ke bagian dalam kapal yg telah tertanam di pasir laut.

Oleh karena kondisi yang belum memungkinkan untuk melakukan pencarian, operasi SAR diusulkan untuk ditutup. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan operasi pencarian untuk dibuka kembali.

“Kami tetap melakukan pemantauan dan koordinasi dengan unsur terkait seperti pemilik kapal, Polair, KPLP, Syahbandar, dan masyarakat sekitar serta bila ada tanda-tanda korban maka operasi SAR akan dibuka kembali,” ungkap Hari Adi Purnomo, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya.

TB Mitra Jaya XIX pertama kali terbalik karena ditabrak oleh KM Tanto Bersinar di perairan Karang Jamuang. Sebanyak 3 ABK TB Mitra Jaya XIX berhasil selamat sedangkan 5 orang lainnya belum berhasil ditemukan hingga saat ini. (din/mad)

BACA JUGA :  KPK RI Gelar Rakor Pencegahan Korupsi Bersama Forkopimda Mojokerto