Bojonegoro
Pelatihan manajemen dan teknis pembangunan RLH di Bojonegoro. (Khoiris/PIJARNEWS.ID)

BOJONEGORO, PIJARNEWS.ID – Tim pelaksana program peningkatan status kesehatan masyarakat melalui perbaikan tempat tinggal Desa Mojodelik dan Desa Manukan, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, mengikuti pelatihan manajemen dan teknis pembangunan di Pusat Inkubasi Bisnis Desa Ringintunggal, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Senin (01/02/2021).

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Program Pengembangan Masyarakat (PPM) ExxonMobil Cepu Limited (EMCL). Dihadiri oleh Camat Gayam Agus Hariana Panca Putra, perwakilan EMCL Malik Ukay Subqy, Dinas PU Cipta Karya M. Zamroni, serta Tim Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Bojonegoro sebagai Mitra Pendamping Program.

Pada sambutannya, Camat Gayam berpesan agar dalam proses pembangunan Rumah Layak Huni (RLH), tugas yang telah diamanahkan harus dijunjung tinggi. “Perencanaan anggaran yang telah disepakati dalam Musyawarah Desa, harus dilakukan dengan penuh tanggungjawab dan mengutamakan kualitas pembangunan,” tuturnya.

Kepada para peserta Tim Pelaksana, Pak Camat mengharapkan setiap peserta mengikuti kegiatan dengan serius dan mampu memahami isi materi pelatihan. Sehingga diharapkan dalam pelaksanaan tugas sebagai tim pelaksana, dapat menjalankan tugasnya dengan baik, sejak tahap perencanaan hingga berakhirnya tugas tim pelaksana.

Perwakilan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), Maliki Ukay Subqy menyampaikan bahwa Tim Pelaksana dibentuk sebagai wujud kemitraan antara perusahaan dan masyarakat. “Program peningkatan status kesehatan masyarakat melalui perbaikan tempat tinggal ini muncul karena ada kebutuhan dari masyarakat, dan dilakukan oleh masyarakat, serta manfaatnya harus betul-betul dirasakan oleh masyarakat,” ucapnya.

BACA JUGA :  Jalan Bojonegoro-Padangan Rusak Parah, Perbaikan Ditargetkan Selesai dalam Seminggu

ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) akan senantiasa berkomitmen untuk mendukung Pemerintah dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui berbagai program kemasyarakatan di bidang pendidikan, kesehatan, dan pengembangan ekonomi masyarakat.

Malik menambahkan, EMCL akan selalu bersinergi dan berkolaborasi dengan seluruh stakeholder yang ada, untuk membangun Kabupaten Bojonegoro, khususnya di wilayah Kecamatan Gayam.

Sementara itu, Ketua PDPM Bojonegoro, Ali Zulkarnain menjelaskan bahwa pelatihan ini merupakan bagian dari proses kegiatan program peningkatan status kesehatan masyarakat melalui perbaikan tempat tinggal, yang sebelumnya telah dilaksanakan sosialisasi dan pembentukan tim pelaksana di Desa Mojodelik dan Manukan, Kecamatan Gayam.

“Tujuan diadakannya pelatihan tim pelaksana ini agar mampu mempertanggungjawabkan bantuan, baik secara teknis dan non teknis kepada masyarakat,” tuturnya.

M. Zamroni selaku Kabid RTLH Dinas PU Cipta Karya Bojonegoro dalam materinya menjelaskan bahwa pelaksanaan Program RLH ini merupakan salah satu program unggulan dari Pemerintahan Kabupaten Bojonegoro. “Program RLH harus benar-benar tepat sasaran kepada penerima manfaat, dan sesuai dengan kondisi riil yang ada di Desa Mojodelik dan Desa Manukan,” ucapnya.

Seluruh peserta yang mengikuti pelatihan Tim Pelaksana ini menerapkan protokol Covid-19, seperti memakai masker, jaga jarak, cuci tangan dan memakai handsanitizer. (ris/mad)