Unej
Iwan Taruna menyerahkan bantuan kepada Ketua RW. (Andi/PIJARNEWS.ID)

JEMBER, PIJARNEWS.ID – Hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Jember dan sekitarnya menyebabkan meluapnya aliran Sungai Bedadung.

Meluapnya Sungai Bedadung itu berdampak besar pada masyarakat yang tinggal disekitar daerah aliran sungai (DAS), karena terkena dampak banjir.

Salah satu wilayah yang terdampak cukup parah adalah warga yang berada di DAS Bedadung RW. 31 lingkungan Tegalboto Kidul, Kecamatan Sumbersari, Jember.

Untuk meringankan beban warga yang terdampak banjir di beberapa titik DAS Bedadung tersebut Universitas Jember menggelar bakti sosial.

Bantuan berupa 60 sak semen dan paket sembako secara simbolis diberikan oleh Iwan Taruna Rektor Universitas Jember kepada Eko Sumarjo ketua RW. 31 lingkungan Tegalboto Kidul, Rabu (3/2/2021).

“Selain menjadi bagian dari masyarakat Jember, Universitas Juga berada di wilayah Tegalboto oleh karena itu harus turut serta membantu masyarakat yang terdampak banjir kali Bedadung ini,” ujar Iwan Taruna Rektor Universitas Jember (Unej) usai menyerahkan bantuan.

Selain itu, Unej juga akan memberikan bantuan material bangunan lain untuk merampungkan proses pembangunan kembali Musolla yang roboh diterjang banjir.

“Informasinya Musholla tersebut menjadi pusat kegiatan keagamaan masyarakat. Harus segera berdiri kembali karena proses pendidikan anak-anak tidak boleh terhenti termasuk kegiatan keagamaan yang lain seperti halnya pengajian,” ujar Afwan.

Sementara itu, Eko Sumarjo selaku Ketua RW berharap kehadiran Universitas Jember dapat membangun semangat warga yang terdampak banjir untuk bangkit kembali.

BACA JUGA :  Adies Kadir Gelontorkan Bantuan Kepada Pelaku UMKM

Menurut pengakuannya, beberapa warganya seperti sudah tidak memiliki semangat untuk membangun kembali rumah mereka.

“Beberapa ada yang memilih menumpang di tempat kerabatnya. Mungkin karena masih trauma. Mudah-mudahan dengan adanya bantuan dari Universitas Jember dan pihak yang lain dapat memulihkan semangat mereka untuk bangkit,” pungkasnya.  (as/mad)