Foto bersama setelah training BTQ (Foto: Sholikh)

Surabaya – Pusat Pengkajian Al – Islam dan Kemuhammadiyahan (PPAIK) Universitas Muhammadiyah Surabaya mengadakan Training of Trainer (TOT) Baca Tulis Al – Qur’an (BTQ) dengan metode IRTAQI, kemarin (29/08/19).

Kegiatan ini ditujukan bagi mahasiswa senior yang nanti ditugaskan untuk pendampingan BTQ mahasiswa baru sampai bisa membaca Al Qur’an dengan target 1 semester (6 bulan). Acara bertempat di Gedung At – Tauhid Lt. 9, diikuti sekitar 40 mahasiswa/i dengan sambutan dan dibuka oleh Dr. Mahsun Jayady, M.Ag (Wakil Rektor III UMSurabaya).

Dalam sambutanya, Dr. Mahsun Jayady menyampaikan bahwa kekuatan Perguruan Tinggi Muhammadiyah/ PTM adalah sebagai media penyebaran Dakwah Islam dan nilai ajaran Muhammadiyah.

“Fungsi PTM salah satunya adalah sebagai media dakwah dalam menyebarkn ajaran Islam berlandaskan Al Qur’an dan Hadits Sahih kepada masyarakat melalui Muhammadiyah. Sehingga semua Civitas akademik di PTM mulai Pimpinan, Dosen, Karyawan dan Mahasiswa mempunyai tangngung jawab ini. Minimal harus bisa Baca Tulis Al – Qur’an ( BTQ) sebagi modal dakwah di masyarakat.” Terang Mahsun.

Sholikhul Huda, M.Fil.I selaku Kepala PPAIK UMSurabaya, selanjutnya menerangkan poin pembeda antara PTM dengan Non-PTM adalah adanya kajian Al – Islam dan Kemuhammadiyahan/ AIK di PTM.

“Pisosi AIK adalah ruh dan pondasi dari pembangunan dan pengembangan PTM. Kebutuhan dan persepktif positif terhadap UMSurabaya atau PTM dikarenakan profil lulusan yang memiliki kompetensi keilmuan umum yang mumpuni plus juga bisa ngaji, hafal Al – Qur’an dan punya akhlaq yang bagus.” Jelas Sholikh.

BACA JUGA :  Perluas Sosialisasi, KPU Pamekasan Jalin Kerjasama dengan Kemenag

Lebih terang Sholikh mencontohkan, pembeda lulusan perawat UMSurabaya dengan yang lain adalah lulusan perawat UMSurabaya selain menguasai ilmu keperawatan, namun sekaligus juga bisa menalqin, sopan pada pasien, inilah nilai lebih dan itu didapatkn dari pembelajaran AIK dan program-program PPAIK di UMSurabaya.(mra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here