Shelter
Setiap ruangan pasien isolasi dilengkapi fasilitas sesuai standar. (Sony/PIJARNEWS.ID)

PONOROGO, PIJARNEWS.ID – Shelter bagi pasien Covid 19 yang terletak di sentra industri kecil menengah (IKM) Kampung Reyog Tambakbayan secara resmi mulai beroperasi hari ini, Rabu (3/2/2021). Pengoperasian shelter kedua ini tak lepas semakin bertambahnya pasien Covid-19 di Ponorogo.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni, dalam acara peresmian tersebut menyampaikan, hingga saat ini setidaknya ada 351 kasus positif Covid-19, sementara di rumah sakit tersedia 100 bed ruang isolasi, lalu shelter pertama yang terletak di eks kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan hanya mampu menampung 19 pasien.

“Jika dihitung ada lebih dari 200 pasien yang sedang malaksanakan isolasi mandiri” imbuh Ipong

Ipong menilai jika isolasi mandiri di rumah itu baik selama rumah tersebut memenuhi syarat. Tapi kalau rumahnya tidak memenuhi syarat ditakutkan malah akan menjadi tempat penularan baru.

“Jika dilihat shelter IKM ini mampu menampung 74 pasien, yang diperuntukkan untuk pasien tanpa gejala. Kapasitas tersebut sebenarnya masih kurang, tapi mencari lokasi untuk dibuat shelter saja susah, belum anggarannya dan waktu untuk membangun,” kata Ipong.

Ipong berharap nantinya shelter di sentra IKM ini tidak terisi, dengan kata lain tingkat penularan Covid-19 di Bumi Reyog semakin berkurang.

“Kalau gak terisi kan artinya Covid sudah mulai berakhir,” tutup Ipong. (son/mad)

BACA JUGA :  Stok Beras di Gudang Bulog Ponorogo Dipastikan Aman 6 Bulan ke Depan