UMM
PT INKA dan Universitas Muhammadiyah Malang melakukan penandatanganan MOU demi memantapkan Program Kampus Merdeka, Selasa (2/2/2021). (Rama/PIJARNEWS.ID)

MALANG, PIJARNEWS.ID – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menjalin kerja sama dengan PT Industri Kereta Api (PT INKA), dalam penandatanganan Nota Kesepahaman, Selasa (2/2/2021).

Kegiatan yang bertujuan untuk memantapkan program Kampus Merdeka Belajar ini melibatkan tiga fakultas. Diantaranya Fakultas Teknik (FT), Fakultas Psikologi (FPSI), serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Dekan Fakultas Teknik, Dr. Ahmad Mubin mengatakan, kerja sama ini akan berfokus pada spesifikasi masing-masing fakultas.

“Setiap fakultas memiliki spesifikasi tersendiri. Di bidang teknik, kami akan mengembangkan transportasi berkelanjutan dengan menggunakan energi yang ramah lingkungan,” terangnya.

Hubungan kedua belah pihak tersebut akan menjadi salah satu langkah melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang meliputi pengajaran, penelitian, serta pengabdian masyarakat.

“Kerja sama pelaksanaan kampus merdeka belajar ini meliputi kegiatan magang dan praktik mahasiswa di PT.INKA. Sementara untuk pelaksanaan Tri dharma Perguruan Tinggi akan dilakukan secara umum,” imbuh Dosen Teknik Industri tersebut.

Dekan Fakultas Psikologi, M. Salis Yuniardi, M. Psi., Ph. D, juga menambahkan, kerja sama itu akan berfokus pada bidang pengembangan pariwisata di Batu dan Malang.

“Dalam kerja sama ini, PT.INKA dan UMM ingin melakukan pengembangan di bidang pariwisata, utamanya di wilayah Batu dan Malang,” paparnya.

Selain itu, Psikologi UMM akan bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), guna melakukan kegiatan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

BACA JUGA :  Meski di Tengah Pandemi, Investasi di Surabaya Tembus Rp 64 Triliun

“Fakultas Psikologi akan bersinergi dengan FEB untuk mengadakan Program Pengembangan Management Sumber Daya Manusia (SDM) di PT.INKA,” imbuhnya.

Salis berharap agar kerja sama ini dapat berkelanjutan dan berkembang. Tidak berhenti pada tiga fakultas saja namun juga dapat berkembang ke fakultas lain.

“Kami ingin kerja sama ini tidak hanya menguntungkan kedua belah pihak saja. Namun juga dapat bermanfaat bagi masyarakat dan negara,” tandasnya. (ram/mad)