Rumpun Bambu Hancurkan Jembatan Semi Permanen dan Talud di Siman Ponorogo

0
383
Ponorogo
Rumpun bambu yang hanyut akibat hujan deras. (Sony/PIJARNEWS.ID)

PONOROGO, PIJARNEWS.ID – Hujan deras yang mengguyur wilayah Ponorogo sejak Rabu (3/2/2021) sore hingga petang, membuat rumpun bambu yang berada di Desa Pabrik Kecamatan Siman terkikis dan hanyut terbawa aliran sungai.

Kepala Dusun Pabrik Desa Siman, Hartanto mengatakan, besarnya rumpun bambu yang hanyut tersebut, mengakibatkan beberapa lampu jalan terbawa, hingga merobohkan jembatan semi permanen yang berada di desa tersebut.

“Persisnya tadi malam kejadian tersebut, rumpun bambu yang ada di pinggir sungai hanyut karena terkikis derasnya air,” imbuh Hartanto.

Jembatan semi permanen yang menghubungkan dengan pemakaman desa juga tak luput dari sapuan rumpun bambu yang diperkirakan berdiameter sekitar 5 meter tersebut. Selain itu, talud yang berada di aliran sungai juga ikut ambrol.

“Jembatan tersebut merupakan akses tercepat menuju makam desa, talud yang berada di aliran sungai juga ambrol,” jelas Hartanto.

Beruntung rumpun bambu itu akhirnya berhenti di bawah jembatan beton yang berada di dusun tersebut. Atau sekitar 500 meter dari tempat asalnya tadi.

“Beruntung jembatan beton ini kuat menahan jadi tidak ikut ambrol,” imbuhnya.

Atas kejadian tersebut pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak BPBD untuk membantu mengevakuasi rumpun bambu yang hanyut tersebut.

“Sudah berkoordinasi dengan BPBD, akan di datangkan alat berat untuk mengevakuasi rumpun bambu tersebut,” tutup Hartanto. (son/mad)

BACA JUGA :  Desa Rawan Longsor, Bupati Beserta Danrem 081 dengan Dandim Ponorogo Tanami Rumput Vetiver