Prihatin Bencana Alam, Rumah Zakat dan FOZ Jatim Salurkan Bantuan Sosial

0
23
Bencana
Kendaraan truk dan ambulance yang diperuntukkan sebagai bantuan logistik, telah diberangkat ke lokasi bencana alam di Kalsel dan Sulbar, Jumat sore (5/2/2021) (Rama/PIJARNEWS.ID)

SURABAYA, PIJARNEWS.ID – Sebanyak 15 truk, 12 pickup dan beberapa ambulance diberangkatkan untuk Penyintas Bencana Gempa di Sulawesi Barat & Kalimantan Selatan, Jum’at sore (5/2/2021). Bantuan yang berupa logistik itu merupakan kolaborasi, antara Rumah Zakat bersama anggota Forum Zakat (FOZ) Jawa Timur.

Dua lembaga sosial tersebut berkumpul terlebih dahulu di di Masjid Al Akbar, Jalan Raya Wisma Pagesangan, Kota Surabaya guna diberangkatkan secara simbolis, oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, dengan didampingi Ketua FOZ Jatim Khilaf Hibatullah dan Abdul Azis, Ketua Ikatan Pengusaha Cargo Nusantara (IPCN).

Khofifah dalam sambutannya, mengapresiasi inisiatif dan menyampaikan berterima kasih kepada para Lembaga Amil Zakat yang bergerak membantu para Penyintas Bencana alam di Indonesia. Mantan Menteri Sosial tersebut juga berharap, kedepan FOZ Jatim, LAZNas dan Pemprov Jatim perlu bersinergi untuk pemetaan kebutuhan mustahik terdampak Covid-19.

“Ke depan kita perlu melakukan pemetaan kepada mustad’afin, agar Muzakki yang ingin membantu melalui Lembaga Zakat, dalam hal ini yang akan disalurkan oleh Amil, bisa benar-benar sampai kepada mustahik. Terutama dalam situasi pandemi, agar pemulihan ekonomi masing-masing mustahik lebih cepat bergulir,” tambahnya. (ram/mad)

BACA JUGA :  Siaga Bencana Lima Kecamatan di Pamekasan