LAMONGAN | PIJARNEWS.ID – “Biarkan aku dipenjara asalkan aku bersama buku”, itulah sedikit kalimat yang pernah diucap oleh Mohammad Hatta, sosok Pahlawan Nasional sekaligus juga Wakil Presiden pertama Republik Indonesia. Kutipan tersebut dapat kita simpulkan, bahwa dunia literasi, merupakam saham penting atas lahirnya kemerdekaan bangsa Indonesia.

Itulah salah satu semangat yang juga diimplementasikan oleh Eko Nugroho S.Pd pemuda asal kabupatan Lamongan, Jawa Timur. Dengan telaten atau ulet sekaligus nekat beliau merintis penerbitan buku yang diberi nama “Penerbit Progresif” (kunjungi Facebook dan Instagram), namun penerbitan buku tersebut masih bergaya Indie (mencetak buku apabila ada yang memesan dan dijual secara mandiri).

Eko Nugroho yang juga merupakan Mahasiswa Pascasarjana UNISDA Lamongan ini, menceritakan pengalaman dalam mendirikan penerbitnya yang cukup membekas baginya.

“Sebuah pilihan yang sulit bagi kehidupan saya tentu saya alami, bahkan keinginan untuk mendirikan penerbit ini, saya lakukan dengan menjual kendaraan pribadi saya (motor tua) untuk memulainya. Bahkan kesulitan untuk makan juga saya pernah alami, hingga untuk meminum secangkir kopi saja itu karena kebaikan kawan-kawan pada saat itu.” Cerita Eko.

Pada tahun 2019 ini, Penerbit Progresif telah memasuki usianya pada tahun ketiga, dengan sukses telah menerbitkan sebanyak 50 judul buku.

“Sekarang sudah tahun ketiga, ada sekitar 50 judul yang telah dipercayakan untuk diterbitkan di penerbit yang saya rintis ini. Alhamdulillah saya semakin yakin untuk terus mengembangkan apa yang telah saya pilih dan lakukan ini.” Terang Eko Nugroho.

BACA JUGA :  Peduli Pekerja Informal, PC IMM Lamongan Bagikan Ratusan Menu Berbuka

Menarik sekali sedikit cerita pilihan hidup yang dijalani oleh Eko Nugroho ini. Sedikit pesan yang dibagi kepada kita, “setiap apa yang kita lakukan dalam hidup, kuncinya harus senantiasa memiliki logika trasendental (kepercayaan pada Tuhan), agar kita senantiasa diberi kepercayaan diri untuk mengembangkan segala potensi-potensi baik dalam diri kita semua.” Pungkas Eko Nugroho. (MRA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here