Imlek
Pengecatan ulang patung-patung yang ada di Klenteng Vihara Vajra Bumi Kertanegara untuk menyambut perayaan Imlek. (Foto/Laoh Mahfud)

MALANG, PIJARNEWS.ID – Sekira tanggal 12 Februari mendatang, umat Konghucu akan merayakan Tahun Baru Imlek 2572. Dan untuk mempersiapkan segalanya, sejumlah klenteng di Malang mulai mempercantik diri.

Kendati ada wacana penundaan Perayaan Imlek, namun beberapa klenteng tetap melakukan persiapan, salah satunya adalah Klenteng Vihara Vajra Bumi Kertanegara yang terletak di Jl. Lembah Dieng Kav. 1, Pisang Candi, Kecamatan Sukun, Kamis (4/2/2021).

Pengelola klenteng menegaskan, mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang masih melanda, maka perayaan dilakukan secara sederhana di lingkup intern yayasan.

“Imlek tahun ini berbeda karena adanya pandemi ini. Jadi tidak semeriah biasanya, ya ada pembatasan dan kami batasi nanti yang datang ke klenteng. Kita cek suhu, menyuruh cuci tangan, dan protokol kesehatan lainnya. Meskipun begitu, kita tetap berusaha merayakan Imlek dengan khusyuk dan dan khidmat,” ujar salah satu pengurus Klenteng Vihara Vajra Bumi Kertanegara, Yeni.

Beberapa persiapan jelang perayaan Imlek yang dilakukan pengurus klenteng adalah pengecatan ulang baik untuk bangunan maupun patung-patung dewa. Tim yang melakukan pengecatan itu tak lain adalah pembuat patung-patung tersebut.

“Sudah dikerjakan mulai awal tahun ini untuk pengecatannya. Kami ada juga menambah tempat cuci tangan dan alat-alat penunjang protokol kesehatan,” ujar wanita berrambut pendek itu.

Persiapan yang berlangsung hingga sebulan lebih itu termasuk dalam kegiatan ritual mencuci patung-patung dewa.

BACA JUGA :  Menkeu Batalkan Pemotongan Insentif untuk Tenaga Kesehatan

“Untuk ritual pencucian patung-patung dewa yang ada di dalam klenteng akan kami lakukan pada hari Jumat (5/2/2021),” ujarnya.

Walaupun pandemi, pihaknya juga melakukan penambahan patung Budha dan Ganesha. “Sudah kami lakukan, dan kami pesankan di perajin asal Karangploso,” tandasnya. (fzi/mad)