Lumpur gas
Foto udara kerusakan dan tumpukan lumpur bercampur batu pada gedung Pondok Pesantren Al Ikhsan Boarding School, di Kelurahan Tuah Negeri, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Riau, Jumat (5/2/2021). (Foto/Defizal)

PEKANBARU, PIJARNEWS.ID – Semburan lumpur gas yang keluar dari permukaan tanah terjadi di Pondok Pesantren Al Ikhsan di Kelurahan Tuah Negeri, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Riau. Semburan itu bermula saat beberapa pekerja sedang melakukan pengeboran sumur bor, Kamis (4/2/2021).

Akibat semburan lumpur gas yang mirip dengan lumpur lapindo itu membikin sebagian bangunan pondok pesantren rusak berat hingga atapnya runtuh ditimpa lumpur disertai bebatuan mirip semen cor yang disemburkan dari perut bumi.

Syarifudin selaku Lurah Tuah Negeri menerangkan semburan gas disertai lumpur mulai terjadi pada Kamis malam.

“Jam berapanya saya tidak tahu. Tapi yang jelas sekarang semburan gas disertai lumpur terus menyembur,” tutur Syarifudin di sekitar lokasi kejadian, Jumat (5/2/2021).

Ia melanjutkan bahwa kerugian yang dialami pondok pesantren belum dapat ditaksir.

“Kalau kerugian belum dapat dihitung. Karena saat ini masih fokus pada penanganan semburan gas disertai lumpur,” ujar Syarifudin di lokasi kejadian.

Sejauh ini, lanjutnya, tidak ada korban jiwa dari kejadian semburan gas tersebut. Dan petugas telah memasang garis kuning di lokasi. Pihak SKK Migas pun juga sudah mendatangi lokasi kejadian. Sedangkan aparat kepolisian dan TNI melakukan pengamanan di sekitar lokasi.

Ia pun menjelaskan bahwa pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) bersama pihak terkait lainnya, sudah melakukan pengecekan ke lokasi untuk dilakukan penanganan. (fzi/mad)

BACA JUGA :  Gempa 5,2 SR Guncang Halmahera Selatan, Sejumlah Fasilitas Umum Rusak