Damkar
Dari 3 Armada Damkar hanya 2 yang masih berfungsi di PMK Ponorogo. (Sony/PIJARNEWS.ID)

PONOROGO, PIJARNEWS.ID – Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) Kabupaten Ponorogo mengaku saat ini masih kekurangan armada pemadam kebakaran. Saat ini tercatat hanya ada 3 unit mobil pemadam kebakaran yang dimiliki, dan hanya ada 2 unit yang masih beroperasi.

“Memang benar, saat ini PMK Ponorogo hanya memiliki 3 unit mobil damkar, itupun yang masih beroperasi hanya 2, yang 1 sudah tidak bisa diperbaiki,” kata Suko Kartono, Kasat Pol PP, Sabtu (6/2/2021).

Suko menambahkan bahwa armada tersebut sudah seharusnya diregenerasi. Sebab saat ini usia mobil damkar yang masih berfungsi tersebut hampir mencapai 20 tahun.

“Yang masih berfungsi buatan tahun 2002, sedangkan yang satu buatan tahun 1982 dan saat ini bobrok tidak bisa diperbaiki,” imbuh Suko

Sebenarnya pada tahun 2020 lalu sudah masuk dalam APBD untuk menambah armada damkar, namun anggaran tersebut dialihkan untuk penangan Covid-19 di Ponorogo.

“Anggarannya sempat muncul di angka 3 miliar, namun pada awal tahun ada pandemi jadi dialihkan untuk penanganan,” bebernya.

Hingga saat ini sebanyak 25 personil damkar Kabupaten Ponorogo masih tetap menggunakan 2 armada yang tersisa, untuk menanggulangi kebakaran yang ada di Ponorogo. Selain itu, PMK juga terus mengajukan penambahan armada damkar untuk mencover 21 Kecamatan di Bumi Reyog.

“Rencana anggarannya 3 miliar, yang digunakan untuk satu mobil damkar dan dua mobil suplai,” tutup Suko. (son/mad)

BACA JUGA :  Sinergi Sekolah, SMK Mutia Mojokerto Kunjungi SMK Mutu Gondanglegi Malang