Malang
Kondisi longsor di Payung Dua, Kota Batu. (Tyo/PIJARNEWS.ID)

BATU, PIJARNEWS.ID – Longsor terjadi lagi di Batu, daerah Payung Dua. Kejadian longsor terjadi pada Jum’at (5/2/2021) sore. Sementara jalur tersebut ditutup dan dialihkan ke jalur Klemuk lewat Songgoriti.

Laporan dari warga terkait terjadinya longsor di Payung Dua, tim reaksi cepat (TRC) langsung menuju lokasi untuk melakukan penanganan darurat dibantu semua pihak.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim mengatakan untuk mencegah adanya korban jiwa karena lokasi sangat rawan dan khawatir ada longsor susulan, sementara jalur ditutup total.

“Sekarang jalan ditutup total selama penanganan tanah longsor. Akibat kejadian tersebut pipa Hippam juga rusak terkena reruntuhan,” jelas Rochim.

Selanjutnya, semua pengendara dialihkan melalui jalur alternatif Klemuk yang berada di Songgoriti. Setiap pengendara diarahkan putar balik di SPBU Songgoriti. Dalam penanganan longsor tersebut, petugas mendatangkan bego dan mobil pemadam kebakaran untuk membersihkan material longsor.

Kepala Dinas PUPR, Alfi Nurhidayat, menyiapkan tim dan alat berat yang dibutuhkan selama penanganan dilokasi longsor.

“Kita siagakan tim beserta alat berat untuk membantu teman-teman BPBD dan masyarakat yang terkena bencana,” kata Alfi saat dikonfirmasi melalui telepon.

Ia menyadari bahwa dalam situasi cuaca hujan seperti ini, bencana adalah keniscayaan. “Tapi yang terpenting dari bencana itu semua, adalah respon cepat kita untuk menanganinya,” pungkasnya. (tyo/mad)

BACA JUGA :  Pasca Banjir dan Longsor di Cisarua, Relawan Dirikan Sekolah Darurat