PII
Pelantikan PW PII Jatim Masa Bakti 2020-2023 secara daring. (Rama/PIJARNEWS.ID)

SURABAYA, PIJARNEWS.ID – Pengurus Wilayah Persatuan Insinyur Indonesia (PW PII) Jawa Timur Masa Bakti 2020-2023 secara resmi dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua Umum PII Dr. Ir. Heru Dewanto, Senin (8/2/2021).

Tampuk kepemimpinan jatuh kepada Prof Dr. Ir. Mohammad Bisri, dengan Wakil Ketua I, Dr. Ir. Gentur Prihantono dan Wakil Ketua II Ir. Muhammad Rudiansyah.

Prof Dr. Mohammad Bisri, berharap, PII Jawa Timur berkontribusi dalam pembangunan secara menyeluruh di Jawa Timur, untuk mendukung dan berkolaborasi Pemerintah Provinsi, Kabupaten, Kota di Jawa Timur.

Disamping itu, Bisri juga mendorong pendirian Prodi Program Profesi Insinyur (PPI) pada Perguruan Tinggi di Jawa Timur karena Potensi Fakultas dan Prodi Keteknikan di Jawa Timur yang sangat besar.

“Sehingga diharapkan banyak menghasilkan Insinyur Profesional yang menjadi ujung tombak pembangunan,” ujarnya.

Heru Dewanto, dalam sambutannya menyampaikan, ada beberapa transformasi keinsinyuran yang telah dilaksanakan pada periode 2018 hingga 2021.

“Antara lain dalam pengembangan Database Keinsinyuran melalui SIMPoNI, Pengembangan SSIP atau Sistem Sertifikasi Insinyur Profesional, serta Penyetaraan Insinyur Indonesia sehingga dapat berkiprah secara Internasional,” jelasnya.

Sedangkan Gubernur Jawa Timur dalam pengarahannya yang disampaikan oleh Sekdaprov Dr. Ir. Heru Tjahjono, MM, berharap, peran serta yang optimal dari PII Jawa Timur sebagai Rumah Besar Insinyur dalam mendukung Pembangunan
Provinsi Jawa Timur di segala bidang

BACA JUGA :  Densus 88 Tangkap Sejumlah Terduga Teroris di Jatim

“Prestasi dan Kemajuan yang telah dicapai hingga saat ini di Jawa Timur tentunya tidak terlepas dari Peran dan Keterlibatan Para Insinyur di Jawa Timur,” ungkapnya.

PII secara nasional merupakan sebuah Organisasi Keinsinyuran yang berdiri sejak 1952 atas inisiasi Presiden Ir. Sukarno, untuk mewadahi Insinyur Indonesia yang saat itu masih sedikit jumlahnya. Dalam perkembangannya PII dengan terbitnya UU No. 11 Tahun 2014 dan PP No 25 Tahun 2019 tentang Keinsinyuran, Persatuan Insinyur Indonesia merupakan wadah berhimpun Insinyur yang melaksanakan penyelenggaraan keinsinyuran di Indonesia. (ram/mad)