KAI
ILUSTRASI: Kereta Api. (Andi/PIJARNEWS.ID)

JEMBER, PIJARNEWS.ID – PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember merubah jadwal keberangkatan KAI mulai 10 Februari 2021 besok. Perubahan itu, dilakukan sebagai inovasi layanan bagi calon penumpang KAI serta bentuk efisiensi waktu tempuh.

Terakhir, efisiensi yang disebut dengan grafik perjalanan kereta api (Gapeka) dilakukan sekitar dua tahun lalu, yakni sekitar tahun 2019. “Kami mulai tanggal 10 besok, memberlakukan Gapeka baru di tahun 2021. Sesuai dengan SK Menteri Perhubungan Tentang Perjalanan KAI 2021,” kata Pelakhar Manager Humas KAI Daop 9 Jember Radhitya Mardika, saat dikonfirmasi di Stasiun Kota Jember, Senin (8/1/2021).

Ia mengatakan, nantinya dari pemberlakuan Gapeka 2021 ini. Akan ada penyesuaian kaitannya jadwal keberangkatan KAI. Sehingga waktu tempuh yang singkat, dan juga penambahan relasi KAI.

“Untuk waktu tunggu kereta (saat di stasiun pemberhentian) 10 menit lebih lama, jadi calon penumpang tidak terburu-buru. Tetapi untuk waktu sampai, malah lebih cepat 120 menit atau kurang lebih 2 jam datang lebih awal di stasiun tujuan,” katanya.

Radit mencontohkan, seperti halnya KAI Wijaya Kusuma relasi Ketapang-Cilacap. “Karena dengan adanya Gapeka 2021 ini, dilakukan efisiensi, dengan ada 14 stasiun yang dilewati,” katanya.

Radit menjelaskan, untuk pertimbangan stasiun yang dilewati ini. Adalah stasiun yang jaraknya saling berdekatan. “Sehingga jika dulu di sebuah stasiun berhenti, kini tidak lagi dan dilewati. Pertimbangan ini, karena jumlah penumpang kalah banyak dengan stasiun besar,” katanya.

BACA JUGA :  Pemprov Jatim Perpanjang PPKM di 17 Kabupaten/Kota

Namun Radit tidak menjelaskan detail, stasiun mana saja yang dilewati. Tapi, lanjut Radit, untuk perubahan jadwal KAI ini. Diberlakukan bagi semua angkutan KAI yang melalui wilayah Daop 9 Jember.

“Mulai dari relasi lokal hingga angkutan kereta jarak jauh. Seperti halnya KA Pandanwangi, Komuter Pasuruan – Surabaya, juga angkutan KA lainnya,” sebutnya.

Selanjutnya, terkait perubahan jadwal keberangkatan kereta sesuai Gapeka 2021, dapat dilihat di aplikasi KAI Acces. “Melalui website KAI.id atau channel resmi yang berkoordinasi dengan KAI,” pangkasnya.(as/mad)