Mobil Listrik
Ilustrasi iCar. (Foto/wccftech)

TEKNOLOGI, PIJARNEWS.ID – Pabrikan otomotif Korea Selatan Hyundai Motor Co., mengumumkan pihaknya tidak dalam pembicaraan dengan Apple Inc., tentang pembuatan kendaraan listrik otonom pada Senin (8/2/2021).

Pernyataan yang dikeluarkan sebulan setelah pengumuman adanya tahap awal pembicaraan, tentang rencana kerja sama dengan raksana teknologi tersebut membuat saham Hyundai tergelincir.

Saham Hyundai dan afiliasinya Kia Corp., yang disebut oleh media lokal sebagai kemungkinan mitra untuk Apple, masing-masing merosot sebesar 4,2 persen dan 12 persen. Ini lantaran baik Hyundai maupun Kia sama-sama mengumumkan sedang tidak melakukan pembicaraan dengan Apple tentang pengembangan kendaraan otonom.

“Kami menerima permintaan kerjasama dalam pengembangan bersama kendaraan listrik otonom dari berbagai perusahaan, tetapi mereka masih dalam tahap awal dan belum ada yang diputuskan,” ujar Hyundai seperti dilansir¬†Reuters.

Untuk diketahui, nilai saham Kia sepanjang tahun ini meroket hingga 61 persen, setelah Hyundai mengkonfirmasi laporan media lokal, bahwa Apple dan Hyundai sedan dalam diskusi mengembangkan kendaraan listrik otonompada tahun 2027. Dan, mengembangkan baterai di pabrik AS yang dioperasikan oleh Hyundai atau Kia.

“Apple dan Hyundai sedang dalam diskusi, tetapi karena masih pada tahap awal, belum ada yang diputuskan,” kata Hyundai sebelum merilis pernyataan berikutnya yang menghapus semua penyebutan Apple.

Apple dikenal merahasiakan rencana produk, tidak pernah mengakui pembicaraan dengan pembuat mobil tentang pembuatan kendaraan, dan tidak segera tersedia untuk komentar di luar jam kerja di Amerika Serikat. (fzi/mad)

BACA JUGA :  Ikatan Konsultan Indonesia Resmi Jalin Kerjasama dengan PS PPI UMM