Qualcomm Rilis Modem 5G dengan Kecepatan Mencapai 10Gbps

0
14
Modem
Ilustrasi modem Qualcomm Snapdragon X65. (Foto/Dok.Qualcomm)

TEKNOLOGI, PIJARNEWS.ID – Qualcomm mengumumkan modem 5G terbarunya yakni Snapdragon X65 5G Modem-RF system. Modem generasi keempat buatan Qualcomm ini bahkan diklaim superngebut yang bisa menembus kecepatan 10Gbps (Gigabit per sekon), Rabu (10/2/2021).

Modem Snapdragon X65 ini mempunyai arsitektur yang bisa di-upgrade sesuai kebutuhan. Chipset yang dibangun dengan model Modem-RF System 5G 10 Gigabit dan 3GPP Release 16 pertama di dunia.

“Transisi ke 5G memberikan kesempatan terbesar untuk Qualcomm karena teknologi selular siap memberikan manfaat kepada setiap industri,” ujar President dan CEO terpilih, Qualcomm Incorporated, Cristiano Amon, dalam keterangan tertulis, Rabu (10/2/2021).

Snapdragon X65 menjadi lompatan terbesar Qualcom pada solusi 5G semenjak komersialisasi sistem modem-RF pertamanya. Modem tersebut ini mendukung kecepatan 5G dengan performa nirkabel layaknya fiber dan menggunakan spektrum yang tersedia untuk fleksibilitas jaringan, kapasitas, dan jangkauan yang maksimal.

“Kami meraih pencapaian signifikan dengan Snapdragon X65 5G Modem-RF System, memungkinkan kecepatan konektivitas hingga 10 Gigabit per detik dan mendukung spesifikasi 5G terbaru yang memiliki peran penting dalam berbagai kasus penggunaan 5G baru,” papar Christiano.

Ia juga mengatakan bahwa modem tersebut juga membuka kemungkinan-kemungkinan baru dari perluasan 5G pada mobile broadband, compute, XR, IoT untuk industri, jaringan 5G swasta, dan akses nirkabel tetap.

Ada juga antena baru bernama Qualcomm 545 mmWave, yang merupakan antena mmWave generasi ke-4. Ukuran antena ini sama dengan generasi ke-3 namun dijanjikan punya kekuatan transmisi yang lebih besar dan mendukung frekuensi mmWave global secara penuh dalam pengaplikasian mobile broadband.

BACA JUGA :  Imam Mukhlas, Ketua FTBM Bojonegoro Terpilih sebagai Ketua FTBM Jawa Timur

Jadi modem bisa menyesuaikan kekuatan antena dari data tersebut secara real time. Alhasil, menurut klaim Qualcomm, kecepatan transfer data akan lebih kencang, tangkapan sinyal akan lebih baik, dan daya tahan baterai pun bisa lebih lama.

“Hal ini akan mendorong perluasan 5G yang cepat, sekaligus meningkatkan jangkauan, efisiensi daya, dan performa untuk pengguna,” kata Senior Vice President dan General Manager, 4G/5G, Qualcomm Technologies, Inc., Durga Malladi.

Snapdragon X65 ini adalah penerus Snapdragon X60 yang dipakai di Snapdragon 888. Kecepatan maksimal X60 ini adalah 7,5Gbps. Sementara X65 baru akan dipakai dan disematkan pada system on a chip (SoC) flagship Qualcomm selanjutnya. Rencananya Modem X65 ini akan dipakai oleh Apple pada iPhone keluaran 2022 mendatang. (fzi/mad)