Pohon tua
Petugas saat memotong pohon tua di sekitar gapura Selamat Datang Kota Sampang. (Yayan/PIJARNEWS.ID)

SAMPANG, PIJARNEWS.ID – Menindaklanjuti laporan warga sekitar, pemerintah kabupaten Sampang melalui dinas lintas sektor melalukan pemangkasan ranting dan penebangan pohon tua di Jl. Jaksa Agung Suprapto, tepatnya di sisi barat gapura Selamat Datang Kota Sampang, Kamis (11/02/2021).

Kepala Bidang Konservasi Rehabilitasi Lingkungan dan Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sampang, Imam Irawan mengatakan, pihaknya bersama dinas lintas sektor, melakukan pemangkasan ranting dan penebangan pohon di sekitar gapura selamat datang Pliyang, Sampang.

“Kegiatan ini dilaksanakan dengan lintas sektor yang tergabung dalam forum lalu lintas, yang berkewajiban mengawasi pohon di jalan protokol dan jalan nasional,” terangnya.

Bilamana ada pohon yang dirasa membahayakan, di wilayah jalan protokol dan jalan nasional, maka forum lalu lintas Sampang, akan bersama-sama terjun melakukan pemangksan ranting atau penebangan pohon.

“Kami dalam melakukan pemangkasan atau penebangan pohon, harus melibatkan beberapa Instansi terkait, untuk kelancaran proses pekerjaan tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu, Rijal warga yang rumahnya dekat dengan pohon tua ini, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Sampang yang telah menerjunkan personil untuk menebang pohon tua tersebut.

“Kami merasa lega dan tidak was-was lagi setelah dilakukan penebangan pohon ini, sebab bila ada angin kencang, kami sangat ketakutan pohon bisa tumbang dan menimpa rumah kami, karena keselamatan keluarga kami bisa terancam,” ungkapnya.

Apalagi keberadaan pohon tua tersebut berada di pinggir jalan nasional, dan arus lalu lintasnya sangat padat dan ramai.

BACA JUGA :  Sebagai Penghormatan Terakhir, Keluarga Korban SJ182 Tabur Bunga di Kepulauan Seribu

“Jadi dengan pemangkasan dan penebangan ini, akan mengurangi beban pohon dari terpaan angin. Sehingga masyarakat tidak khawatir pohon akan tumbang,” pungkasnya. (yan/mad)