Paparan manajemen sekolah dari pihak SMK Mutu kepada SMK Mutia. (Khoirul/PIJARNEWS.ID)

MALANG, PIJARNEWS.ID – Kepala sekolah beserta jajaran dewan guru SMK Muhammadiyah 3 (SMK Mutia) Mojokerto, berkesempatan berkunjung ke SMK–Center Of Excellence (CoE)– Muhammadiyah 7 (SMK Mutu) Gondang Legi, Malang, dalam rangka Upgrading Manajemen Sekolah, Kamis (11/2/2021) pagi.

Sebelum menuju forum diskusi, rombongan SMK Mutia yang tiba pukul 09.00 WIB itu langsung disambut hangat oleh salah satu guru SMK Mutu, Isa Anshori, untuk berkeliling terlebih dahulu melihat gedung-gedung dan ruang kelas.

Setelahnya, rombongan SMK Mutia diarahkan ke aula dengan disambut langsung oleh Pahri selaku Kepala Sekolah SMK Mutu.

Acara diawali dengan sambutan dari Ednan Rudianto selaku Kepala SMK Mutia menyampaikan tujuan silaturrahminya ke SMK Mutu.

“Mohon diperkenankan kehadiran kami beserta team upgrading manajemen SMK Mutia. Di sini, kami bagaikan gelas kosong untuk menerima lebih banyak informasi dari SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, yang mana merupakan salah satu SMK rujukan nasional,” ujarnya.

Usai sambutan dari SMK Mutu, sambutan selanjutnya datang dari tuan rumah, yakni SMK Mutu. Pahri selaku Kepala Sekolah SMK Mutu menjelaskan tentang Upgrading Manajemen bagi SMK Mutia. Dalam kesempatan tersebut, ia memaparkan perkembangan SMK Mutu sejak pertama kali berdiri, bagaimana sekolah bisa mempunyai kualitas yang baik, hingga penjelasan beberapa hal mengenai manajemen sekolah.

“Sekolah wajib memiliki dan berani menunjukkan selling point dan branding, dengan meningkatkan prestasi akademik dan non akademik, mampu menciptakan karakter building yang bagus, dan menjamin pemberian pelayanan terbaik bagi peserta didik sehingga dapat menjamin keterserapan lulusan yang memenuhi ekspektasi dunia usaha dan industri (DUDI) dan juga dapat diterima di universitas unggulan, baik dalam negeri maupun di luar negeri,” paparnya.

BACA JUGA :  Polri Tangani 148 Perkara Perdagangan Orang Selama 2020

Selain itu, beberapa diskusi kecil antar kedua sekolah mengenai penilaian kinerja guru, karyawan, kurikulum pendidikan hingga prestasi siswa.

Usai memaparkan segala hal mengenai manajemen dan mutu sekolah, acara selanjutnya yaitu berkeliling melihat langsung gedung Titanium Building dan Teaching Factory yang dimiliki oleh SMK Mutu.

Lalu acara ditutup dengan foto bersama dan penyerahan cinderamata sebagai bentuk ucapan terima kasih yang mendalam dari Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 3 Mojokerto atas pemaparan yang telah disampaikan.

“Semoga Allah memberikan kesehatan, keselamatan, dan pertemuan hari ini bisa memberi kemaslahatan dan kemajuan sekolah bersama,” pungkas Pahri. (rul/fzi)

Reporter: Khoirul I.R