Madura
Suasana pelatihan kepenulisan cerpen berbahasa Madura. (Yayan/PIJARNEWS.ID)

PAMEKASAN, PIJARNEWS.ID – Komunitas Ruang Kita di Kabupaten Pamekasan mengajak anak muda untuk bersama-sama merawat Bahasa Madura agar tidak punah akibat tergerus perkembangan zaman.

Ajakan tersebut disampaikan ketua komunitas Ruang Kita dalam acara pelatihan penulisan cerpen bahasa madura di Jagad Cafe Pamekasan, Kamis (11/2/2021).

Dalam kegiatan menulis yang mengangkat tema “Bercerita dengan Bahasa Ibu” ini, mendatangkan penulis cerpen asal Kabupaten Madura, Zainal A Hanafi, untuk menjadi narasumber.

Ketua Komunitas Ruang Kita Gafur Abdullah menyampaikan, kegiatan menulis cerpen berbahasa Madura ini perlu dirawat dan perlu disampaikan Kepada teman-teman yang memiliki kepedulian pada bahasa madura.

Menurutnya, upaya mempertahankan bahasa Madura merupakan tanggung jawab seluruh elemen masyarakat. Terutama para orang tua yang paling inten berkomunikasi dengan anak-anaknya.

“Sebenarnya, orang tua perlu berperan aktif mewariskan cara berkomunikasi dengan memakai bahasa Madura yang baik kepada anak-anak atau generasi muda. Sehingga mereka tidak hanya mempelajari bahasa Madura di sekolah,” imbuhnya.

Gafur, mantan aktivis PMII Pamekasan ini juga mengajak anak muda serta orang tua, untuk sering berkomunikasi menggunakan bahasa Madura.

“Kalau kita sering berbahasa Madura secara tidak langsung akan membangun kecintaan anak muda terhadap bahasa Madura,” imbuhnya.

Dari pelatihan yang dilaksanakan di Jagad Cafe ini, juga sebagai upaya untuk merawat bahasa madura.

“Saya berharap pada teman-teman yang mengikuti pelatihan, sesuai dengan komitmen, ini akan berkelanjutan, bukan hanya sekali ketemu lalu bubar begitu saja. Ini akan dilanjutkan dengan pertemuan untuk menindaklanjuti pelatihan ini,” imbuhnya.

BACA JUGA :  ASN dan Jurnalis di Blitar Akan Mendapatkan Giliran Vaksin Covid-19 di Akhir Februari

Sementara itu, Zainal A Hanafi selaku pemateri merasa senang dengan adanya pelatihan kepenulisan cerpen berbahasa madura yang diadakan Komunitas Ruang Kita.

Pihaknya, berharap pertemuan-pertemuan seperti ini tetap intens dilakukan untuk menjaga geliat literasi di Kabupaten Pamekasan, Madura.

“Terimakasih Kepada semua komunitas dan semua yang hadir hari ini. Saya berharap Ruang Kita tetap intens melaksanakan kegiatan literasi seperti ini,” harapnya. (yan/mad)