PPKM Mikro di Kota Malang Dinilai Sukses, Mayoritas RT Masuk Zona Hijau

0
41
Malang
Kapolresta Malang Kombespol Leonardus Simarmata dan Dandim 0833 / Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadhona saat meninjau RW 01 Kelurahan Sukoharjo, Klojen, Kota Malang (13/2/2021). (Foto/Laoh Mahfud)

MALANG, PIJARNEWS.ID – Forkopimda Kota Malang terus mencermati pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

Seperti yang dilakukan Kapolresta Malang Kota Kombespol Leonardus Simarmata dan Dandim 0833/Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadhona saat meninjau RW 01 Kelurahan Sukoharjo, Klojen, Kota Malang. Sabtu (13/2/2021). Peninjauan dilakukan untuk sosialisasi pemasangan bendera zona di tiap RT.

Kapolresta Malang Kota Kombespol Leonardus Simarmata mengatakan, dari total 4.000 RT di Kota Malang, mayoritas telah berstatus zona hijau. Hanya 113 RT yang masih berstatus zona kuning.

“Saat ini di wilayah kita tidak ada satupun yang berstatus zona merah dan oranye. Kami memastikan seluruh RT telah terdata zonasi sesuai instruksi Mendagri nomor 3 tahun 2021 tentang PPKM berskala mikro. Kita ada 113 zona kuning tingkat RT. Semua sudah terdata ada 4 ribu lebih RT di semua Kota Malang sudah ada benderanya mayoritas hijau,” ujarnya.

Perwira yang akrab disapa Leo itu mengatakan, dirinya memastikan PPKM Mikro berjalan cukup baik mulai tingkat kecamatan dan RT. Salah satunya yang ditinjau adalah RW 01 Sukoharjo, Klojen, Kota Malang. Di wilayah ini semuanya berstatus zona hijau.

”Kita memastikan tentang pemberlakuan PPKM Mikro sampai ke tingkat RT. Yang kita pantau benderanya hijau di RW 01 Sukoharjo tidak ada warga yang positif Covid-19. Semua RT benderanya hijau,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Penerapan PPKM Mikro di Surabaya Akan Sedikit Berbeda

Perlu diketahui bahwa satgas Covid-19 Kota Malang telah menerapkan inovasi terbaru dalam penerapan PPKM Mikro. Yaitu di setiap RT di Kota Malang dipasang bendera imbauan dengan warna sesuai dengan zona di RT tersebut.

Inovasi itu dilakukan dengan tujuan agar warga sekitar bisa tahu di daerahnya saat ini sedang mengalami zona apa. “Supaya pak RT atau RW dan kelurahan nanti lebih fokus untuk tracing dan tracking sehingga kasus Covid-19 ini bisa cepat melandai. Lalu juga agar warga selalu waspada,” tandasnya. (fzi/mad)