BMKG Prediksi 17 Daerah yang Berpotensi Terdampak Banjir Bandang

0
33
Banjir
ILUSTRASI. Banjir bandang di Kabupaten Hulu Sungai, Kalsel. (Foto/Dok.Dinsos Kalsel)

JAKARTA, PIJARNEWS.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi sejumlah daerah di Indonesia berpotensi banjir bandang. Hal itu merupakan dampak dari prediksi kemungkinan terjadinya hujan dengan intensitas lebat pada 13 hingga 14 Februari 2021.

BMKG mengungkap setidaknya ada 17 daerah yang berpotensi diguyur hujan lebat. Untuk itu BMKG meminta agar 17 daerah yang berpotensi diguyur hujan lebat mewaspadai dampak banjir bandang.

Menurut BMKG, ada satu daerah yang berstatus siaga dan 16 lainnya waspada terkait dampak banjir bandang akibat hujan lebat.

“Berlaku 13 Februari 2021 pukul 07.00 WIB sampai 14 Februari 2021 pukul 07.00 WIB. Potensi dampak hujan lebat untuk dampak banjir/bandang dapat terjadi di wilayah tersebut,” ujar Kabag Humas BMKG, Taufan Maulana melalui melalui siaran tertulis, Sabtu (13/2/2021).

Berikut 17 daerah yang berpotensi dilanda hujan lebat dan berdampak pada banjir bandang: Jawa Tengah (siaga); Bengkulu (waspada); Sumatera Selatan (waspada); Jawa Barat (waspada); DI Yogyakarta (waspada); Jawa Timur (waspada); Bali (waspada); Nusa Tenggara Barat (waspada); Kalimantan Utara (waspada); Kalimantan Timur (waspada); Kalimantan Tengah (waspada); Kalimantan Barat (waspada); Nusa Tenggara Timur (waspada); Sulawesi Tengah (waspada); Sulawesi Barat (waspada); Sulawesi Selatan (waspada); Papua (waspada). (fzi/mad)

BACA JUGA :  Wahana Mangrove Gunung Anyar Dipercantik Saat PPKM Diberlakukan