PCPM Wonocolo
Prosesi pelantikan PCPM Wonocolo periode 2018-2022. (R. Fauzi Fuadi/PIJARNews.ID)

SURABAYA, PIJARNEWS.ID – Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) Wonocolo, Surabaya periode 2018-2022 menyelenggarakan pelantikan di TK Aisyiyah 13 Wonocolo, Minggu (14/2/2021) pukul 09.30 WIB.

Usai dilantik secara langsung oleh Achmad Rosyidi selaku Ketua PDPM Kota Surabaya, Ketua PCPM Wonocolo Aziz Maulana Akshan dalam sambutannya menekankan bahwa seorang pemuda adalah penerus masa depan dan calon generasi yang akan melanjutkan dakwah.

“Pemuda saat ini adalah calon generasi yang akan melanjutkan dakwah, terutama dakwah Muhammadiyah dan dakwah Islam. Dan sebagai pemuda, harapan yang akan kita wujudkan adalah sebagaimana yang tertuang dalam tema pelantikan ini. Jadi, kita sebagai pemuda harus bangkit menuju Wonocolo yang maju,” ujarnya.

Dan untuk menuju kesana, lanjutnya, kita harus memiliki senjata atau bekal untuk mewujudkan itu semua. Salah satunya yakni seperti yang tertuang dalam Mars Kokam: tauhid, ilmu, dan amal. Jadi dengan ketiga senjata itulah kita bisa membangkitkan gerakan Muhammadiyah di Wonocolo.

Huda selaku Ketua PCPM Wonocolo periode 2014-2018 dalam sambutannya mengatakan bahwa pentingnya sinergitas antar organisasi kepemudaan lintas ormas.

“Beberapa kegiatan telah kami laksanakan, seperti dalam penyemprotan disinfektan di masjid-masjid yang ada di Kelurahan Jemur Wonosari, Siwalankerto. Dan ini kami lakukan juga bekerjasama dengan teman-teman GP Anshor dan Banser Wonocolo. Ini adalah bentuk sinergi kita. Jadi, Pemuda Muhammadiyah di manapun berada harus berfastabiqul khairat dan bersinergi dengan seluruh komponen bangsa ini,” katanya.

BACA JUGA :  Aplikasi Berbasis Audio Clubhouse Mulai Digandrungi Kalangan Muda

Usai pelantikan, acara dilanjutkan dengan seminar kebangsaan dengan tema “Meneguhkan Toleransi dalam Keberagaman” yang disampaikan oleh Ketua PWPM Jatim Dikky Syadqomullah dan Wakil Ketua Bidang Organisasi PWPM Jatim Syaikhul Islam.

Dalam penyampaian materinya, Syaikhul Islam atau yang akrab disapa Ikul menekankan betapa pentingnya ruhul ikhlas dalam menjalankan roda organisasi.

“Muhammadiyah yang diwariskan oleh Kiai Dahlan hari ini dapat berkembang sangat pesat dan sangat dapat dirasakan kebermanfaatannya oleh seluruh masyarakat itu karena ada ruhul ikhlas di sana, ada semangat keikhlasan yang dipegang teguh oleh para penerusnya,” ujarnya.

Dalam pelantikan ini hadir pula PCPM se-Surabaya, Pimpinan Ranting Aisyiyah dan Muhammadiyah Wonocolo, PCNA Wonocolo, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Wonocolo, hingga GP Ansor Wonocolo. (fzi/mad)