Waspada Cuaca Ekstrem di Jatim

0
32
BMKG
Citra Satelit Himawari milik BMKG. (Foto/BMKG)

SURABAYA, PIJARNEWS.ID – Selama tiga hari dari tanggal 14 Februari hingga 16 Februari 2021 akan menghadapi cuaca ekstrem. BMKG Juanda merilis peringatan dini tiga harian di Jatim.

Dalam kurun waktu tiga hari tersebut, Jatim akan dilanda cuaca hujan lebat disertai petir.

Disebutkan Kasi Data Dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto, bahwa hujan disertai petir itu diperkirakan akan turun pada siang hingga malam hari.

“Pada hari ini, Senin, (15/2/2021), Suhu udara mencapai 15 – 32 °C. Kelembaban udara* : 65 – 100 %. Angin dominan dari Barat – Barat Daya dengan kecepatan 05 – 30 km/jam,” terangnya saat dikonfirmasi.

Teguh menambahkan yang patut diwaspadai saat hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada pagi hingga malam di beberapa kabupaten di Jatim.

bmkg
Rilis BMKG Stasiun Meteorologi Juanda, Sidoarjo. (Udin/PIJARNEWS.ID)

Meliputi, pagi hari di wilayah Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang dan Bondowoso.

Lalu, siang-sore hari di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kab. Madiun, Kota Madiun, Trenggalek, Kab. Blitar, Kota Blitar, Kab. Malang, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

“Karena saat ini di Bulan Februari masih masuk di musim penghujan,” terangnya.

Adapun potensi banjir masuk kategori level waspada. (din/mad)

BACA JUGA :  BMKG Perkirakan Jatim Memasuki Puncak Cuaca Ekstrim